Modifikasi aki UPS dengan aki lebih besar





    Setiap anda membeli UPS pasti didalamnya sudah ada aki internal untuk memback up daya jika listrik mati secara tiba-tiba,beberapa produsen UPS membuat perangkat tersebut dapat diberikan AKI eksternal,tetapi jika tidak bisa kita bisa mengakalinya dengan membuat AKI eksternal yang berguna untuk memperpanjang back up daya sebuah perangkat,tentu saja dengan memperbesar daya aki tersebut semakin besar aki semakin lama UPS memback up




Dibawah ini ada sebuah UPS yang Berkapasitas 600 VA


Dan setelah saya bongkar dan copot Akinya ternyata berkapasitas 12V/4,5Ah


Ini gambar Floor Plan nya



Karena UPS saya ini tak ada kabel eksternal untuk aki luar,maka saya buat lubang
untuk aki eksternal,usahakan untuk menganti kabel dengan diameter lebih besar dari pabriknya,saya mengunakan kawat berisolator 4 mm,karena jika semakin panjang kabel semakin besar hambatannya


Saya menganti aki tadi dengan yang lebih besar kapasitasnya 12V/35Ah
jadi aki yang kecil tadi bisa untuk keperluan lainnya


Nah karena mocong/Konektor Aki terlalu besar kita bikin konektor dengan jepitan
buaya pada aki


 Ini jepitan akinya yang baru dicoba n bisa masuk sesuai keinginan :D
NOTE: Jangan sampai salah kutub pada saat pemasangannya


Itu dah aku pasang n hasilnya demikian


Maaf ya pas mau pasang perpanjangan kabel n 
pas nyopot buzzer (Agra tak bunyi ketika listrik mati)
saya lupa photo hehehe

Jika anda ingin membuat UPS sederhana dengan berbagai daya bisa diambil disini

 
Jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya

SALAM SUKSES

















302 comments:

  1. Mas saya mau tanya.apa rangkaian dalam ups tidak ada yang perlu diganti.karenakan daya rangkaian komponen ups untuk cas batrai uda beda ampernya.mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sistem kerja UPS adalah memberikan listrik ketika listrik padam,pada saat listrik hidup rangkaian UPS akan kembali posisi normal dan UPS akan mengisi aki tsb sampai penuh,

      Komponen dalam UPS tidak ada yang perlu dirubah,hanya perlu dicatat pada saat mengisi aki yang ukuran kecil mungkin hanya butuh waktu beberapa jam untuk mengisi penuh,sedang jika mengunakan aki yang amperenya besar misal 12v/32 aH mungkin butuh waktu sehari penuh untuk full,tentu saja dengan aki lebih besar akan lebih tahan lama...

      Intinya tidak ada yang perlu diubah pada rangkaian UPS,kalau ingin mengunakan charger internal agar cepat terisi bisa memakai,charger dari cas laptop yang sudah diposting diblog ini.

      Terima Kasih

      Delete
    2. Saya mau tanya mas. Gimana dengan komponen didalamnya. Aķpa gak rusak jika diberi arus batrai hinggga 32 AH. Nomralnya setau ane cm 10 AH.

      Delete
    3. Saya mau tanya mas. Gimana dengan komponen didalamnya. Aķpa gak rusak jika diberi arus batrai hinggga 32 AH. Nomralnya setau ane cm 10 AH.

      Delete
    4. Saya mau tanya mas. Gimana dengan komponen didalamnya. Aķpa gak rusak jika diberi arus batrai hinggga 32 AH. Nomralnya setau ane cm 10 AH.

      Delete
  2. mas kalau untuk CPU dan Modem pool untuk server pulsa, ups yang akan dimodif pake yang gimana ya (spesifikasinya)? dan juga akinya pake yang gimana? Mohon bantuannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk CPu yang dimaksup komputer tetap sama mas,bisa mengunakan skema saya yang diatas...
      kalau pakai modem Pool yang anda maksud saya tidak tahu,kalau masih mengunakan 220 volt juga mengunakan skema diatas,tapi kalau voltasenya berbeda,anda bisa modif pada trafo inverter tsb....ada diblog saya cara menaikan tegangan atau mengulung trafo

      http://tomasharyo.blogspot.com/2014/03/menaikan-tegangan-dengan-transistor-dan.html

      Delete
    2. Mas sya punya ups kapasitas gk tau aku.. akinya mati karana saya ckba pake aki motor bisa.. misalkan mau sya ganti pake aki yg lebih besar . Pke aki mobil. Gtu. Trus trus akinya utu perlu di cas terlebih dahulau atau upsnya itu udah automatis ngecas sendri.. dan misalkan gm ngecas sendri berrti setelah habis harus ngecas lagi dong?? Mohon bantuannya mas. Sms aja jika gk keberatan mas. 0816293660 thanks mas

      Delete
  3. Kreatif bos.
    kita bisa sharing ilmu.

    ReplyDelete
  4. apa ga ada komponen yg jebol jika dialiri arus besar dari aki yg bkn bawaan ups?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak apa2 mas...soalnya kebutuhan arus menyesuaikan dengan kebutuhan beban,,,jika beban berlebih biasanya UPS akan shutdown sendiri,meski anda pakai aki 200 ampere kalau UPSnya ndak kuat ngangkat beban tetap aja UPS nya akan otomatis shutdown,,,penambahan aki beguna untuk menambah waktu hidupnya UPS...

      Delete
    2. Mas sya punya aki mobil ni say sdah cbak sepdrti yang di jelaskan tapi kok upsnya nyala sebentar terus mati lagi ketika pakek setrom dari aki itu gimna ya ?

      Delete
    3. Mas sya punya aki mobil ni say sdah cbak sepdrti yang di jelaskan tapi kok upsnya nyala sebentar terus mati lagi ketika pakek setrom dari aki itu gimna ya ?

      Delete
    4. Mas sya punya aki mobil ni say sdah cbak sepdrti yang di jelaskan tapi kok upsnya nyala sebentar terus mati lagi ketika pakek setrom dari aki itu gimna ya ?

      Delete
  5. Siip.., Sp yg Udh Pratekin?? gmn ? Aman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jamin aman kalau kutubnya ndak kebalik dan pemasangannya safety dan rapi... :D

      Delete
  6. Gan klo ups mau dipasang aki mobil 200AH diparalel 3 aki biar bisa lebih awet back up powernya....mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang paham maksud anda...
      mungkin yang anda tanyakan supaya ups tersebut harus dipasang aki berapa ampere dan berapa lama bertahan...

      jika dengan aki 200 ah paralel 3 berarti akan menjadi 600 ah 12 v
      artinya daya aki menjadi 7200 watt secara prhitungan kotor misal ups anda 600 watt bersih bkan daya semu dan beban anda juga 600 watt maka

      7200/600=12 jam itu perhitungan kotor mngkin dlam 10-11 jam saja ups trsbut bertahan...


      ada beberapa ups akan shutdown jika voltase anjlok sampai 11 volt saja jadi kadang aki belum habis ups akan shutdown

      semoga dapat dimengerti

      Delete



    2. mohon bantuannya ya…
      saya punya ups ica CP1400va sudah dimodif (hanya ganti aki 45AH 2buah seri) hanya bertahan 1,5 jam… rencananya mau tambah aki lagi scr pararel biar amper nya tambah tp masih bingung untuk amper maks dari ups saya…. pertanyaan saya…

      1. modif ups dengan aki luar itu MAKS AMPER AKI yg bisa digunakan diketahui dari mananya ?
      2. untuk carger aki ups jika di gabung secara pararel dgn carger aki external bisa ga mas ?
      ohya .. boleh sy minta no HP nya mas.. siapa tau masih ada yg ingin sy tanyakan
      mohon pencerahannya ya mas… trims sebelumnya

      Delete
    3. 1.Amperenya sebsear apapun tak masalah,asal beban buat ups jangan terlalu besar/mendekati maksimum,,,hanya saja kalau pakai aki ampere besar maka chargernya dari ups akan terlalu loyo dan lama mengisinya...
      2.iya anda bisa pakai charger eksternal 24 volt untuk ups anda jangan lupa pada charger dikasih dioda 3 amperan,supaya arus masuk ke aki tak terlalu besar sehingga aki awet,meski charging agak lama...

      Lain kali kalau berkomentar tulis paling bawah ya mas....soalnya baru kepergok kemarin mas pertanyaan sampeyan

      Delete
  7. gan saya pake ups ibos powergarde 750va. apa cara modifnya pake aki yg lebih besar sama dengan cara agan? dan apa komponen dalam tidak ada yg perlu di ganti/dirombak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas....asal baterai didalam ups tsb 12 volt,misal didalam 24 volt maka juga harus diganti 24 volt baterainya....jika 6 volt jua diganti 6 volt

      Delete
  8. mau tanya lagi ni gan ups saya 750va saya modif menggunakan aki 12v 45Ah. dan saya mau rumbak menggunakan aki 12v 100Ah.. itu gmna gan?? tidak apa-apa dilewati arus sebesar itu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep sama mas,,,pokok intinya kalau voltase sama arus mau berapapun tetep bisa...mas bro makin besar ampere makin lama akinya,
      makin dikit ampere makin cepet abisnya.....makasih telah berkunjung

      Delete
  9. Kalau mau gnti aki yg ampere 20 bwt prolink 650p diodanya diganti brp agar aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas,,,,sekali lagi aki berapa ampere pun tak masalah asal 12 volt,jika UPS mintanya 12 volt,,dioda itu sudah pabrikan artian input masukan itu udah sesuai daya UPS nya misalkan anda ganti lebih besar tidak akan menambah daya UPS tetap akan sama daya UPS nya tak akan bertambah...

      Delete
  10. Replies
    1. Saya lupa mas...intinya sih sama aja asal 12 volt aki juga harus 12 volt ampere berapapun bisa makin besar Ah nya makin lama charge n bertahannya,

      Delete
  11. Kasi pin bb nya donk yg banyak ilmunya akan modif ups ini.thank

    ReplyDelete
  12. permisi gan...klo semua jenis ups itu udh ada system pure sine wave tdk y?
    terimakasih atas ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak,semua mas..karena faktor harga UPS juga pengaruh,,,soalnya sudah pernah saya pakai buat kipas angin masih getar dengan UPS saya.Biasanya kalau kita beli UPS biasanya ada tulisan sine wave maupun modif sine wave.

      Delete
  13. Saya mau tanya. Karena aki MF mahal, bolehkah diganti aki basah? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas,,,asal tetep 12 volt jika UPS e 12 volt

      Delete
  14. ups saya 5kva, apakah bisa menggunakan 1 baterai 12V 45ah mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal kebutuhan input tertulis 12 volt tidak ada masalah,,,saya tidak tahu inputannya berapa apakah 12volt,atau 24 volt atau berapa...asal voltase sama dengan aki maka tak masalah,maaf baru balas

      Delete
  15. kalo ups Prolink Pro700 bisa mas ? soalnya saya baca di forum untuk type itu gak di sarankan di karnakan beda komponen katanya mohon solusi nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf,baru balas...bisa kok mas,sebenarnya kalau memakai aki 12 volt sama seperti yang lain pergantian dengan aki 12 volt ,memakai aki arus berapa pun tidak msalah kok,,,cma saran aja akinya yang bagus kalo mau modif,kalau tekor akinya sama aja....

      Delete
    2. sy punya ups merek ica CP 1400.. aki internalnya 2 buah.. sy rencana mau tambahin lagi pakai aki mobil basah exsternal,, yg ingin sy tanyak kan apakah sy harus ngambil dari jalur dari aki internal tru di bikin lubang sambing trus di sambung ke aki mobil tersebut.. mohon pencerahannya mas.. oh ya boleh sy minta no HP nya mas. siap tau ada yg masih ingin sy tanyakan.. trimksih

      Delete
    3. Iya anda bisa ambil dari jalur internal...gunakan kabel diameter besar yang bisa dilalui 40 ampere an seperti kabel pada aki mobil kalau bisa supaya tak panas kabelnya kalau kekecilan...maaf baru balas,lain kali balas dibagian komentar paling bawah ya....

      Delete
  16. Mas udh pernah coba?? Soalnya UPS saya samaa dengan mas punya... hidup ga??? Dan brp lama tahannya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya udah lah mas,udah tak share kok,,da gambarnya....

      Delete
  17. Mo tanya klo cara pararel aki nya gmna ya? Klo ada dengan gmbr. Trims

    ReplyDelete
  18. ijin gabung yach mas... muantaaap... thanks yach...

    ReplyDelete
  19. Mas mw tanya kalo akinya udah diganti sm aki mobil. trus cara ngecas akinya gmn ya? otomatis atw ngecas manual?
    makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Otomatis gan kan dalam upd dah ada buat cas,cman arusnya kecil sehingga mungkin lama penuhnya trgantung AH akinya..

      Delete
    2. Bisa gak dinaikkan amper untuk ngecasnya biar akinya cepet fulltapi biar tetep otomatis kayak ups normalnya

      Delete
  20. kalau mau nyopot buzzer itu tinggal cabut aja atau ada treatment lain ya ?
    Tks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mematikan busser bisa dengan mencopotnya dengan solder dan atraktor (pnyedot tenol/timah) bntuk buzzer biasanya hitam dan bulat ada lubang kecil ditengahnya...sbnrnya bunyu buzzer itu untuk indikasi ups hidup dan daya tahan aki tinggal sdikit...

      Delete
  21. mas mau nanya, saya punya ups proling 700 sudah di pasangkan aki eksternal 12 volt 5 ah(baru)...tapi pas sya gunakan berbunyi selang 1 menit mati...bagaimana cara untuk nonaktifkan bunyi pada ups supaya ups pas di gunakan tidak otomatis mati dalam 1 menit mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama liat bebannya dulu om,biasanya beban besar maka cepet juga akinya habis,hal yang paling wajar ya mengganti aki dengan AH yang lebih besar misal 45 ah atau 100 ah maka akan semakin lama hidupnya ,dngn catatan aki kondisi normal...
      Untuk mematikan busser bisa dengan mencopotnya dengan solder dan atraktor (pnyedot tenol/timah) bntuk buzzer biadanya hitam dan bulat ada lubang kecil ditengahnya...sbnrnya tanda bunyi cepat itu indikasi daya tahan aki tinggal sdikit...

      Delete
  22. Mas, saya udah coba pakai aki yuasa 45 ah, tapi kok trafonya panas yah, itu normal? Trims atas jawabannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panas atau ndaknya UPS tergantung beban bang...mungkin beban ups penuh jadi panas,itu wajar aja asal ndak sampai kebakar,biasanya ups kalau udah overload maka otomatis shutdown...

      Delete
  23. Pak, maaf mau tanya donk kebetulan saya juga pengguna UPS modif..
    saya masih bingung cara perhitungan antara kapasitas ups + aki + beban = lama backup..
    awalnya saya ditawarin ups 650wa, trus ktanya klo pke aki 60 ah, bisa tahan 2-3 jam (beban 1 pc + monitor)..
    tapi setelah saya coba(kondisi aki full charged),,ternyata hanya tahan ga sampe 15 menit.
    nah, yg ingin saya tanyakan, kalo UPS nya 650wa,,apakah beban yg dihubungkan juga max. harus 650wa atau boleh lebih ?? kemudian kalo normalnya aki 60ah + beban 650 watt harusnya bisa tahan brapa lama ya backupnya ??
    terima kasih,,maaf kepanjangan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab aja 650va ato wa mas perasaan ygada va 650va bisa mak beban 300an watt aja mas. Kalo di kasih beban 650 watt kayaknya trafonya panas dan bisa jebol kalo nggak ada overloadnya

      Delete
    2. oh iya pak, maksudnya 650va bukan wa..
      jadi seperti kata mas Zham ellank dibawah, memang keluaran dari ups itu setengah dari va yg tertera di ups nya itu sendiri ya pak ??

      Delete
    3. Maaf telát njawab ada dua kemungkinan mas.pertama mungkin ups panas atau overload sehingga fitur auto shutdown berjalan sehingga ups mati sendiri,kedua mungkin saya kurang memberi penjelasan bahwa tidak semua ups bisa backup lebih 15 menit memang ada fiturauto shutdown tapi tak semua ups hanya beberapa saja yang ada demikian,sehingga kondisi apapun ups hanya mampu bertahan 15 menitan.
      Kalau ingin lihat daya asli ups bisa dilihat dengan ukuran trafonya,besar lilitan sekunder n primer makin besar makin besar dayanya selain melihat juga mosfet powernya

      Va itu daya semu sehingga bukan daya asli,biasanya ups abal2 dayanya hanya setengah dari va,kalau yang bagus mungkin lebih,saya tidak tau rumus hitungnya,ni hanya berdasarkan pengalaman saja.

      Delete
  24. Maaf Mas Admin, Saya bukan mencela Ilmu Anda, Tapi Pada kenyataannya UPS ukuran kecil sudah dirancang untuk tidak bisa mencharger lama, dan sebagian ups ada yang menggunakan IC Timer yg sudah disetting, biasanya cuma bisa ngeluarin Output arus listrik aki cuma 20 Menitan,,, Dan kalaupun harus pake aki yg besar, sebaiknya Trafo diganti yg lebih besar amperenya, kalau gak bisa beresiko, dan lainnya adalah dioda dan kapasitor yg dialiri listrik besar juga harus di perhatikan....!!

    dan perlu juga di ingat bahwa Kapasitas 600Va Output paling full 300watt, Ups 1200Va sanggupnya 600Watt atau setengah dari Va yg tertera,,,,

    Intinya saya hanya ingin menambahkan bahwa faktor keselamatan juga perlu diperhatikan, jgn memaksa alat untuk bekerja lebih dari tenaganya....

    ReplyDelete
  25. Terima kasih mas masukannya,memang yang anda sampaikan tidak salah...tapi dari pengalaman saya memang yang namanya VA itu daya semu mungkin hnya setengahnya dari VA, yang saya bahas disini dalam kondisi tidak full beban memang kalau full beban trafo panas dan dioda penyearah pun memang sangat panas bahkan bisa terbakar,,tapi saya yakin bahwa kebanyakan user sudah paham bahwa ups dipaksa dengan kekuatan penuh akan panas...kalau penambahan aki dengan paralel itu hanya menambah daya tahan lamanya ups,anda benar meski saya pakai aki 100 ah mungkin bisa saja bertahan cma 10-20 mnt karena ada fitur shutdown atau protector sirkuit.Kalau ada beberapa masalah yang lain bisa didiskusikan diluar topik ini,soalnyasaya sudah mencobanya sendiri...terima kasih atas masukannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh,ya charger dalam ups memang output nya kecil untuk mengaliri aki yang besar dan mngkn bisa membuat panas autochargernya,sehingga mungkin bisa ditambah charger auto cut off yang dalam waktu dekat akan saya postingkan...

      Delete
  26. Pak, saya menggunakan prolink 1200va dan sudah menggunakan aki 12v 40 a. tapi hidup nya cuma sebentar. yang saya mau tanyakan, apakah UPS Prolink 1200va itu mempunyai system hanya yang bisa hidup 20 menit ato kurang, walaupun akinya masih bisa di bilang penuh. mohon bantuanya Pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas,saya ngak bisa katakan ya atau tidak...misalkan kalau dibongkar liat dalemnya mungkin saya bisa katakan ya atau tidak soalnya saya belum bula type tersebut,andai kata pakai logika misal upd trsbt panas sekali mungkin shutdownnya karena panas saja,tapi misal ups pun tetap dingin dan dalam 20 mnt coba cek tgangan aki ketika digunakan bisa saja drop saat digunakan [walaupun kemudian voltase normal] dan langsung protek,anda coba saja dulu dengan beban kecil misal lampu 20 watt an jika 20 mnt mati tanpa sebab,brarti dipastikan ada fitur autoprotect... maaf hanya ini yang bisa dibantu

      Delete
  27. Om.. Mau nanya nih.. Kira-kira UPS 600vA bisa gk, untuk menghidupi elektronik selain komputer..????? Contohnya, elektronik yg bebannya rendah, seperti laptop, lampu TL, lampu pijar, dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas asal ups masih mumpuni daya tak masalah,hanya kalau ups yang masih mengunakan output sinyal kotak bukan sinus,maka beban seperti kipas,bor,gerinda,dll (beban yang bermotor) maka akan sedikit bergetar...tapi tak masalah bagi saya selama ini dengan beban tersebut

      Delete
  28. Om mau tanya... saya juga baru niatan untuk modif UPS saya yg 3000VA dengan aki bawaan 12V 7,2aH x 8 baterai = 56ah diganti dengan Aki External 12V 65aH.... kira-kira aman tidak? adakah komponen UPS yg mesti dirubah? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak mas ngak apa apa tak ada yang diganti,tapi tolong hati hati ya jangan sampai terbalik polaritynya...

      Delete
    2. Maaf saya bantu jawab ya??
      Kalau ups mas pakai 8 Aki 12 volt brti input ups 12 v x 8 = 96volt DC jd kalau mau diganti aki mobil harus 8 pcs juga itu disusun secara seri Tidak bisa cuman 1 pcs 12 volt walaupun AHnya besar.mengapa demikian karena UPS memerlukan Daya 96volt DC. Kalau cuman 12 volt gak bakalan hidup. Ini pin saya 276BD6EA

      Delete
    3. Maaf,baru kebaca saya salah paham dengan pertanyaan mas dhima,mungkin maksudnya adalah 12v diseri sampai 8 baterai bukan paralel 8 buah,dan saya kurang tau merk upsnya sehingga asumsi saya cuma 12 volt diparalel

      Delete
  29. Saya pake ups ica 602 b klo mau pake aki external apa kah aki internal nya harus di lepas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya dilepas jika aki dalamnya ukuran ah nya berbeda karena akan kalah salah satu...

      Delete
    2. Maaf mas haryo saya bantu jawab
      Kalo 602b aki internal disusun seri trus kalo mau ditambah aki external harus sama susun seri juga.misalnya 4 pcs aki 12v7ah =48 voltdc.7ah
      Jd aki externalnya 12volt 45ah=48v 45ah kemudian dipasang dikonektor bawaannya. Ketemu susun paralel antara internal dan external menjadi 48v 7 ah +48v 45 ah= 48v 52 ak.
      Susun seri daya bertambah
      Suaun paralel Ah bertambah.
      Jd mnrt saya tidak perlu dilepas karena malah menambah waktu hidup ups kecuali susun seri kalo AH berbeda yg kecil akan tersedot dan panas. Demikian terima kasih.

      Delete
    3. Saya,tak tidak tau ups ica 602 yang dibutuhkan 12 volt atau 48 volt....sehingga apa harus paralel atu seri saya tidak tau...

      Delete
  30. benar, cuma tidak sederhana itu, dengan cukup menambah aki, tapi tanpa merubah isi rangkaian trafo nya, setahu saya yang pernah saya coba sewaktu masih di bangku stm, ketika kita menggunakan katakanlah trafo ct 5 amper murni sekalipun untuk mengecas aki 24 amper ataou aki mobil, bisa menyebabkan kerusakan pada trafo, dan rangkaian dioda nya, untuk membuat ataou modifikasi ups sebaik nya rangkaian arus listrik yang masuk ke bagian trafo harus di ganti, kalau tidak trafo kita cepat rusak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,terima kasih masukannya disini saya mengatakan bahwa jika trafo yang mengisi untuk aki besar dipakai untuk aki besar memanglah panas,,tapi dalam modul ups ada dioda yang mengatur arus masuknya ke aki jadi yang panas harusnya diodanya karrna dioda biasanya lebih kecil arusnya daripada trafonya mau berapapun ya trafo tetaplah panas,karena trafo bekerja berat atau tidaknya tergantung beban ups...walau kecil dayanya tetaplah panas...namanya jua trafo

      Delete
  31. Bang haryo, gmn kalo AKI dari ups itu saya lepas n saya ganti dari power supply PC yg mnghasilkan 12v 16a yang notabene powernya diambil dari output ups itu sendiri, apa brarti kita bisa membuat sumber listrik sendiri dengan memanfaatkan output sisanya dari ups??? (Maaf agak mlenceng)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya berfikir demikian,tapi udah hukum alam,hukum fisika,hukum kekekalan energi bahwa energi tak dapat diciptakan dan tak dapat dimusnahkan...jika anda praktek kan saya yakin tak bisa yang ada hanyalah membuang energi menjadi panas pada trafo...energi akan terbuang.jadi tidak bisa...

      Delete
  32. Bang haryo, gmn kalo AKI dari ups itu saya lepas n saya ganti dari power supply PC yg mnghasilkan 12v 16a yang notabene powernya diambil dari output ups itu sendiri, apa brarti kita bisa membuat sumber listrik sendiri dengan memanfaatkan output sisanya dari ups??? (Maaf agak mlenceng)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya berfikir demikian,tapi udah hukum alam,hukum fisika,hukum kekekalan energi bahwa energi tak dapat diciptakan dan tak dapat dimusnahkan...jika anda praktek kan saya yakin tak bisa yang ada hanyalah membuang energi menjadi panas pada trafo...energi akan terbuang.jadi tidak bisa...

      Delete
    2. Ya gak bisa om??
      Kalo pasokan dari pln ada bisa saja mungkin tp kalo pln mati power supplynya hidup pakai apa ya?? Kan buat ngekurin arus Dc power supply harud di coloko ke listrik. Maksud agan pakai output ups trus upsnya hidup pakai arus DC kn tanpa battry atau Arus DC ups gak hidup. Kalo power supplynya mati gak bakalan bisa.

      Delete
    3. Ya gak bisa om??
      Kalo pasokan dari pln ada bisa saja mungkin tp kalo pln mati power supplynya hidup pakai apa ya?? Kan buat ngekurin arus Dc power supply harud di coloko ke listrik. Maksud agan pakai output ups trus upsnya hidup pakai arus DC kn tanpa battry atau Arus DC ups gak hidup. Kalo power supplynya mati gak bakalan bisa.

      Delete
  33. slm knal smua sngat membantu artikel ini..

    saya pernah mencoba ups 600va tnpa modif pada lampu 5 watt alhasil lampu tahan sampe pagi...

    tp stlah saya cas ulang saya cb untuk strum ikan tdk sampe 5 mnit ups sdh drop btre hbs dan kdang terproktetor mati sndiri stelah kbel nyentuh air...

    stelah saya amati dr pngalaman admin mungkin sj ups 600ah modif bisa than lama asal pmakaian normal jngn pakai lbh dr stengah kmpuan ups mka ups tdk akan terproteksi mati sdiri karena over dan panas....

    karna pada dasarnya untuk mnjalankan cpu btuh arus bsar pastinya ups standar tdk akan than lama dan pasti drop karna over dan panas yg berlebih..

    hanya skedar sering buat admin agar maju trus kreasi" baru nya untk membantu orang awam di bidang elko (elektronika)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yak makasih mas hasta...sangat rekomend untuk dibaca pernyataan anda...sangat bagus inti pengunaan beban memanglah harus lebih kecil dari kemampuan maksimal ups agar tak hanya trafo saja tapi komponen yang lain seperti dioda,dll ngak rusak...terima kasih

      Delete
  34. oya satu lagi kalo untuk mengecas aki yg ampernya di atas 25ah.. lbh baik di cas pke cas external.. klo mau pke cas bw an ups sebaiknya dioda penyearah arus di ganti yg lbh bsar ampernya serta di tmbah elko yg lbh bsar pula supaya arus lbh stabil..

    catatan jngn cas aki amper besar dalam ke adaan kosong votasenya karena bisa merusak trafo lbh cpat karena pasti panas berlebih.. sebaiknya untuk ngecas aki dlam ke adaan kosong voltasenya pake carger external lbh dulu minimal amper carger stengah dr aki yg mau di cas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap saya setuju,,intinya memang ngecas keadaan kosong sangat berat bagi charger ato trafo...apalagi baterainya besar kpsitasnya...tambah chrger ekstrnal juga ide bagus,rekommend lah.terima kasih

      Delete
  35. maaf mas Haryo minta jawabannya, saya menggunakan ups modif jg di mobil....mobil saya sudah menggunakan 2 aki (kap depan dan bagasi belakang) yang diparalel gunanya utk mengangkat audio, kemudian saya menggunakan ups montero yang mana aki bawaan saya copot dan langsung saya sambung dengan aki di kap mobil, rencana saya menggunakan ups tersebut supaya dapat ngecas aki tanpa mencopot aki karna aki mobil saya sering tekor karna audio tambahan dan ups bisa digunakan sebagai arus AC. pertanyaan saya pak :
    1.ketika ups disambung ke arus rumahan (AC) dan menekan tombol on, kok upsnya langsung mati sekitar 1 detik
    2.apakah mungkin pengaruh dari aki yg diparalel tersebut (45 ah dan 55 ah) atau ups saya yang memang sudah rusak
    3.sebaiknya penggunaan ups tersebut bagaimana yang terbaik pak.
    trims pak, maaf saya banyak bertanya, masih awam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jawab saja jadi semuanya ya mas...saya tidak tau montero type berapa yang anda paka,dan seperti apa gambarnya saya kurang tau....asumsi saya mungkin autocharger pada ups anda mengalami overheat seperti kasus2 yang lain,saya belum bisa mengatakan ups anda rusak,,,coba anda tes mengunakan aki kecil motor misalnya jika masih tekor itu berarti ada masalah dengan ups terutama chargingnya....Saran saya sih kalau hanya mengangkat audio anda beli power supply step up simetris 12volt to 32volt ct untuk audio OCL,BTL dll tapi juga ada power untuk mobil 12 volt langsung, dan beli atau membuat charger aki autocut off...sebentar lagi saya pos kan autocut off chargernya....

      Delete
  36. Maaf mau tanya mas, aku punya ups prolink, saya aki mobil, tp kok kabelnya panas, saya langsung sambung dari positif ke positif dari negatif ke negatif, kabelnya kabel biasa.tlg pejelsannya.makasi sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bebannya besar memang panas,gunakan kabel buat dc arus besar bilang aja ke toko listrik to elektro,kabel dc untuk ups biasanya kabel dengan kawat diatas 1mm diameternya,,,arus besar maka kabel harus bsar pula...

      Delete
  37. Mau tanya mas…
    Sy punya aki 12v 50ah… setelah di charge di bengkel voltase nya menjadi 13v.
    Yg sy mw tanyakan :
    1. Apa dg kondisi seperti itu aki akan baik2 saja?
    2. Bagaimana menurunkan tegangan voltase aki saya?

    Mohon pencerahannya…

    ReplyDelete
    Replies
    1. No1. 13 volt? Itu bagus bagus lagi kalau bisa 13,7volt -14 volt,,,itu standar aki kalau masih baru jadi casnya harus diatas 13 voltan lah kalo charge
      No2.untuk apa diturunkan itu bagus buat angkat beban kayak mobil,led,dll masih kuat malah saya cari aki yang masih bagus n murah susah sekarang...kalau menurunkan bisa pakai ic reg 7805,7810 dll tapi saran saya menurunkan pake lm2596,,,beli aja kitnya langsung

      Delete
  38. Selamat pagi gan, saya mau sampaikan :
    1.Ksimpulkan bahwa untuk UPS bisa digunakan dengan kinerja baik untuk piranti apapun asal dengan tegangan yang dibutuhkan sesuai dengan tegangan output UPS yaitu umumnya 220v baik itu printer dot matrix, PC, laptop, dll asal beban puncak tidak melebihi kemampuan/daya maksimal yg bisa diterima UPS tersebut, apakah demikian?
    2. Pertanyaan, apakah dalam kondisi UPS Off namun kabel tetap terhubung ke jaringan listrik PLN, pada umumnya UPS tetap mengisi accu ataukah tidak?
    3. Terkait dengan pertanyaan saya no. 2, dengan jawaban yang diberikan, maka sebaiknya UPS tetap dalam keadaan on ataukah sebaiknya off (saklar) namun kabel tetap terhubung ketika perangkat yang dibebankan ke UPS tidak sedang dipergunakan? (berkaitan dengan fungsi charging accu).

    ReplyDelete
    Replies
    1. No1.saya kurang paham,tapi mungkin yang dibahas adalah masalah daya ya,saya yakin ups rata2 adalah 220 volt outnya,sedang daya ups yang tertera bukan asli biasa dalam satuan VA dan daya asli biasanya saya hanya kira2 setengah VA yang tertulis,,,

      No2.Iya rata2 ups ada 2-3 indikator untuk charging,listrik pln,dan listrik backup dari aki tsb

      No.3 biasanya indikator dicharging bisa berubah warna antara charging dan kondisi penuh,jika kondisi penuh alangkah baiknya dimatikan saja tak perlu dihidupkan,tapi jika saat charging lebih baik jangan dimatikan tapi resikonya jika listrik mati malah listrik oper ke aki,aki malah kesedot meski beban tak hidup,kalau listrik mati terus,dijamin aki malah akan habis total,karena hilang ditrafo ups...semoga memuaskan.terima kasih

      Delete
  39. mas haryo mau tanya nih saya baru beli UPS dan aki baru 12v 45ah tapi ketika di tes mencabut colokan ke PLN malah bunyi berulang ulang apa yang salah mohon pencerahannya...

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merk dan typenya apa ya...???

      Delete
    2. merknya ga jelas SISSOS made in china tapi klo menggunaka UPS prolink Pro700sfc apa langsung saja pasang tanpa dibubah apa ada yang di ubah... saya coba cari referensi dr mbah google katanya harus di jumper pada IC nya.

      terima kasih

      Delete
    3. Maaf rulez,coba anda baca pada buku manual ups tsb biasanya tertulis di buku tsb,kalau berulang panjang biasanya kalau tidak aki nya low/mau habis biasanya atau mungkin karena beban overload

      Delete
  40. Saya punya Prolink pro700v itu masih normal, yg saya tanyakan; kenapa ya bang kog ketika saya pake buat tv led lg 32' itu bisa membackup sampai 30 menit-an... sedang kalau saya pakai buat lampu 6watt tl itu setiap 5 menit mati sendiri, saya matiin saklar trus saya nyalain lagi masih nyala tpi 5 menit lagi sampai beberapa kali??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya coba bantu mas,,
      Ups nya otomatis shutdown sendiri di karena kan ups nya menganggap tidak ada beban kl cuma 6watt, Jd pasang yg lebih dr itu mas pasang yg lbh dr 10watt pasti bekerja normal tidak mati lagi selama 5menit.
      Berdasarkan pengalaman sendiri heeer

      Delete
  41. Ini mungkin masalah frekuensi pada lampu TL,mungkin frekuensi yang berbeda pada ballast TL atau errornya ballast, mungkin juga menjadi beban atau arus balik yang terjadi ke ups sehingga ups menjdai panas n auto cut off dan mati sementara...Tapi ini baru kemungkinan karena saya bisa katakam pasti kalau ngechecknya langsung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ralat#saya belum bisa katakan pasti kalau belum bisa ngecheck langsung upsnya...

      Delete
  42. Mohon bantuannya.. Saya baru beli UPS merk xxx
    Capacity:3100 VA / 2015 W
    AC voltage:185-250v
    DC voltage:120v
    DC Int Battery : 10 x 12 v, 7Ah
    Backup time : 10 menit
    Saya mau modif spy backup timenya lebih lama skitar 6 jam bagaimana caranya? Harus nambah aki yg seperti apa dan berapa banyak aki? Apakah aki internal yg ada harus di ganti atau cukup ditambahkan dengan aki eksternal...

    ReplyDelete
  43. Wowo daya besar ya...harus dianalisa dulu itu backup 10 mnit dlam keadaan beban penuh atau tidak,jika tidak udah 10 mnit mati berarti ada proteksi mati dengan mode time atau mungkin sistem voltase down,,kalau dngan beban kecil habis dengan waktu cukup lama maka bisa ditambah aki eksternal, perhitungan kotor aki anda 10 buah 12v7ah maka 120*7=840 watt kalau dengan BEBAN maksimal 2000 watt (saya bulatkan) maka anda butuhkan 2kw/jam atau jadi 12kw/6jam,so 12000 watt - 840 watt =11160 watt lalu dibagi 120 volt jadi 93 Ah,so anda harus pakai aki 12volt 93/100ah sebanyak 10 buah,itu masih hitungan kotor blm efek panad,efisiensi,lost kabel,dll...

    ReplyDelete
  44. kalau dibuat 2 aki kabelnya harus dipasang gmn ya ?

    ReplyDelete
  45. Diparalel mas + sama + n - sama -

    ReplyDelete
  46. Mas saya mau tanya,saya ada ups ica 1022b dngan kapasitas 2000va dan batre internal 3x12v 7ah mau saya pasang dengan aki 12v35ah. apakah internal nya harus d lepas?atau bisa saya langsung pasang tanpa harus melepas internalnya dulu,karena di belakang ups sudah ada slot untuk penambahan eksternal batre. saya tambahkan link spesifikasi ups ica 1022b http://www.ica.co.id/index.php/product/ups-ups1022b2013-02-19-10-45-57-detail

    kalau boleh saya bisa minta contact nya mas? mklum newbie berat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 5c761468
      Itu didetail masih kurang menurut saya itu pakai aki 12 volt diseri 3 buah dan juga ada tulisan untuk eksternal juga,tak perlu dicopot mas internalnya asal ,masih sama voltase maka aman,tapi disarankan semua aki type nya sama yak...dan saya rasa ada proteksi waktu kayaknya,karena brosur tak tertulis secara detail,hanya info pentingnya saja,,,

      Delete
  47. Pagi mas, aku mau tanya, kalo aki UPS diganti dengan aki eksternal apakah UPS tersebut bisa mencharger aki eksternal seperti aki bawaan...?? Makasih atas jawabannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas,hanya kalau akinya gede maka akan lama ngisinya dan kadang bakal lama jua ngisinya,serta panas biasanya dibagian ic charger nya...

      Delete
  48. Mas saya mau tanya ... Sy punya ups tapi sy mau tambah batre external yg 12v 65AH ... Tapi tulisan di ups nya untuk batre external tertulis max 40 ah... Apakah tidak apa-apa?atw ada pengaruhnya ke ups...terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tolong dpahami dulu apakah itu mengunakan 12v juga apa tidak, jika sama 12 volt maka tak masalah,mngkin mksd dari ups tersebut adalah arus listrik yang diambil maksimum adalah 40 ah,karena arus tergantung daya yang diambil ups....

      Delete
    2. Iya mas sama batre internal dan external 12 v cuma beda Ah nya saja ,sy mau lepas batre internal nya karena back up cuma 10 menit ,sy mau pake batre external saja yg 12 v 65 ah biar lebih maximal mas ... Makasih sarannya mas

      Delete
  49. UPS nya cari aja yang bisa dengan daya besar tanya aja sama penjual dan nanti bisa ditambahi aki dengan Ah tinggi...

    ReplyDelete
  50. Disini anda mau curhat atau mau menyalahkan seseorang?
    Dipostingan ini tak ada jumper2 an,hanya jumper aki diparalel saja...mohon agak diperjelas ketika berkomentar.

    ReplyDelete
  51. saya mau tanya mas klo ups ica 1200w saya tambah batree mobil gimana caranya nambah batrenya ..
    di ica 1200w kan batre bawaanya ada dua yang di dalam ups ,pertanyaanya klo kita mau tambah batre external 12/75ah apakah batrenya juga harus dua biji atau gimana? klo dia di seri 2biji juga berarti jadi 12/150 AH ya mas.
    satu lagi trus klo memang harus begitu carger bawaan ups tentu akan memakan waktu berhari2 untuk memenuhkan isi batrenya ,adakah yang harus di rombak agak bisa ya maksimal satu hari bisa penuh di cas oleh ups secara otomatis tanpa copot batre di cas di tukang cas? mohon penjelasanya mas trims sebelumnya

    ReplyDelete
  52. Saya tidak tau ups nya seperti apa,misal didalam aki diseri menjadi 24 volt,maka harus 2 buah aki eksternal,tapi kalau diparalel menjadi 12 volt maka bisa pakai 1 aki saja...semoga dimengerti.

    ReplyDelete
  53. mas kalau baterai ups ini jadi tambahan untuk membantu penyimpanan listrik pada sepeda motor kira2 bisa gag mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok brow... Yang pentin
      g akinya tetep 12 volt

      Delete
  54. mas kalau baterai ups ini jadi tambahan untuk membantu penyimpanan listrik pada sepeda motor kira2 bisa gag mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok brow... Yang pentin
      g akinya tetep 12 volt

      Delete
  55. salam kenal mas...seandainya saya beli ups baru plus aki bawaanya yg kecil trus tiba 2 listrik padam dan baterai bawaan ups tsb lgs sy parearel dengan aki N70Z (aki basah)disaat listrik padam bisa ndak? shg waktu backup lebih paaanjang dan laaamaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya setuju dengan komentar mas Sobari Yadin dibawah

      Delete
  56. salam kenal mas...seandainya saya beli ups baru plus aki bawaanya yg kecil trus tiba 2 listrik padam dan baterai bawaan ups tsb lgs sy parearel dengan aki N70Z (aki basah)disaat listrik padam bisa ndak? shg waktu backup lebih paaanjang dan laaamaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam mas asti yanto.....
      Saya ada sedikit masukan
      Mungkin maksud mas yanto jamper.......
      Kalo Itu sangat bisa asalkan jangan sampai terbalik cara pasang kabelnya,minus ke minus plus ke plus,

      Delete
    2. secara singkat saya setuju dengan mas sobari

      Delete
  57. Mas saya ada ups ica 4aki,masing masing 7 ah. Trus saya ada 1 aki mobil dengan 12v 200ah. Maksud saya.aki mobil saya pasang menggantikan salah satu aki ups bawaan, apa ada pengaruh buruknya ya....terhadap pengisian ataupun inverternya?....

    ReplyDelete
    Replies
    1. klu ups Prolink apalah ada timernya..jadi akinya belum abis timernya dah mati..

      Delete
    2. UPS ica itu 4 baterai di paralel atau di seri ,kalau ternyata di ICA diparalel 12 v 7 ah (4 buah)maka bisa karena voltase jadi sama dengan aki 12v 200 ah anda,paling yang bekerja sangat berat adalah bagian charging nya....saya sarankan pakai charger eksternal yang sudah saya postingkan,kalau ternyata adalah aki tersebut 4 buah diseri maka tak bisa diganti dengan 12 v 200 ah voltase tak sama....

      Delete
    3. @Mas Asti Yanto : Saya tidak tau mas....tak tau serinya soalnya

      Delete
  58. mas kalau ups sya prolink ganti aki 12v 5ah untuk nyalain tv led 21 inch bertahan 30 menitan lalu semisal saya gannti aki yang voltnya sama tpi Ah-nya besar dampak negatifnya buat ups apa y mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lama dan mendekati daya maksimal ups biasanya akan panas dan akan shutdown sendiri (beberapa type ups),charger bawaan ups juga akan panas karena mengisi secara terus menerus secara penuh,tapi selain itu tak masalah ditambah ah nya akan semakin lama hidupnya itu tv...

      Delete
  59. Saya pingin punya UPS/Accu yg digunakan apabila Listrik PLN mati, untuk menyalakan neon atau kipas kecil. Jadi 1 tahun
    , mungkin hanya digunakan 1 kali saja. Bagaimana caranya agar Ups/accu tidak rusak walaupun tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama? Trima kasih. Andreas Spk

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bingung maksud anda,maksudnya adalah supaya aki awet ya... kalau supaya aki awet sering sering dibersihkan dalamnya khusus aki basah,dan jangan sering digunakan untuk daya besar apalagi sampai drop voltasenya dan jangan sampai kering air akinya

      Delete
  60. Mas mau tanya, bisa gak ups modifikasi ini dibuat system arus memutar, artinya arus untuk charge aki diambil dari output ups itu sendiri, kalau skema diataskan arus charge masih dari listrik PLN, terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja anda ambil charger dari ups dikasih ke charger dan ke aki,tapi buat apa? daya nya malah tambah hilang,apalagi anda mau mengakalinya supaya aki penuh dan ups bisa jalan terus tanpa listrik itu tidak mungkin dilakukan,salah satunya ya dimodif aki besar ah nya dan buat charger eksternal sendiri setidaknya 10% dari total ah akinya...

      Delete
  61. mas mau tanya UPS PRP700sfc saya cuma tahan 1jam, tapi setelah di tekan power UPS nya nyala lagi dan tahan cuma 1 jam juga apa yang salah apa di UPS tersebut ada IC controlnya?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak tahu pasti mas,karena apa mungkin saja ups kepanasan n mati sendiri atau juga mungkin karena ada ic program yang memprotect selama 1 jam saja

      Delete
  62. Mas..UPS saya merk prolink 700v stelah saya modif dg aki basah kok kutub plus dan min pada colokan aki nyetrum. memang demkiankah sifat UPS prolink ato ups sy yg bermasalah. trus cara ngatasinya bgm. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. UPS saya juga nyetrum ,kok
      saya tidak tau,mungkin karena groundya ke body ngak tepat,tapi ngak apa2 kok selama kutub tak terbalik....

      Delete
    2. status aki jika dicharge biasanya nyetrum bos karena ada reaksi kimia di aki jika dialiri listrik...ini normal-normal saja. coba charge aki dengan charge external dan pegang kutub + dan - biasanya jga nyetrum. maaf klo salah (berdasarkan pengalaman saya)

      Delete
    3. Terimakasih mas Feri Anzah,atas ilmunya kepada saya semoga bermanfaat bagi semua

      Delete
  63. ya sama mas,gunakan ups biasa toh kipas angin kecil dayanya diwh 100 watt,cman agak getar nanti kalau kipas angin,dimodif aja tmbahin aki eksternal,atau beli kipas angin dc 12 volt disambungkan aki beres....

    ReplyDelete
  64. Misi mas mau tanya, ups dengan daya 600va itu output charger nya rata rata brp yah mas? Klo buat nge charge aki mobil yg rata rata 35ah keatas butuh brp lama klo kondisi aki nya ngedrop?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung dari kebutuhan voltase aki. bisa jadi 12 v tau 24 v. untuk arus charger ups rata2 dg daya 600va biasanya 2 ampere. smoga bisa membantu

      Delete
    2. seep, terima kasih om mas bro, soale aki mobil saya drop, udah 3 hari 3 malam cas pake ups, tetep drop, saya cek pake multitester terakhir 13,5 volt saat cas, begitu saya cabut cas, voltase aki 12,8volt

      Delete
    3. Terima kasih mas,atas bantuannya....

      Delete
  65. Wah wah.... Rame banget dsni...

    ReplyDelete
  66. Ilmu Yang Sangat Bermanfaat..
    Thanks Gan..

    ReplyDelete
  67. Om mau tanya nih, sy punya ups prolink model pro650p dpt dr kawan sudah di bongkar dan di dapati aki 12volt 7ah ,mksud biar tahan lama sy ganti dengan aki 12volt 45ah (beli baru aki kering) tapi kenapa tiap ups dihidupkan dengan beban ataupun tanpa beban selalu mati di 1 menit 12x bunyi bip..penasaran sy coba juga pake aki 12volt 4ah punya motor beat sy alhasil sama saja tiap 1 menit 12x bip mati,,itu Knp yah om? Supaya bisa terus hidup di apakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada sistem protect mungkin itu ic atau mungkin kepanasan....coba kasih kipas dimodul dan di trafonya,kalau masih mati dimenit tsb berarti ngak bisa diotak atik itu ups...

      Delete
  68. apakah bisa 4 UPS mengunakan 1 aki mobil, maksudnya ke 4 UPS tersebut di peralelkan ke aki mobil tersebut, dan tiap UPS terbubung ke komputer.

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa asal voltasenya sama....

      Delete
    2. trus apakah bisa dari 4 UPS Tersebut Ngecas untuk 1 Aki dalam waktu yang bersamaan??

      Delete
    3. Bisa,saja asal voltase sama...

      Delete
  69. Mas mau tanya nih sy kan dah pasang ups dengan aki 12v 45ah dan charge menggunakan panel surya..
    Kalo sy tambah kan aki dengan ah yg berbeda misal 30ah (lebih kecil dr aki sy yg pertama) dan di paralel (biar tetap 12v) apakah charge aki nya akan penuh semua mengikuti ah aki nya masing2? Atau akan penuh mengikuti aki yg terkecil (30ah) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin terisi dulu yang kecil n yang besar terakhir,anggapan saya listrik masuk dibagi dua aki...tapi saran jangan pakai beda ah mas,kalau bisa sama type akinya...

      Delete
  70. Bisakah menggunakan UPS tanpa aki ? jadi hanya memanfaatkan inverternya sebagai penstabil tegangan.

    ReplyDelete
  71. mohon konsul, sy punya UPS server dg aki 12 V, 7 A 10 biji, bisa tdk say ganti aki tsb dg amper yg lebih besar misal 12 V 50 A 10 buah, atau dengan aki 1 buah yang total volt nya sama dan ampernya 400 A

    ReplyDelete
  72. Mas maaf maun nanya nih... 2 UPS 600va di pasang aki external 1 buah 55 AMper 12 Volt, apakah isa jalan / tidak ? kalau jawab isa jalan, lalu pas ngecarger itu pakai UPS 1 saja atau dua-duanya UPS dibuat ngecarger? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ups tsb 1 bh, saya intip ada 10 bh aki 12v 7amper disusun seri menjadi 120 volt, jalur cegernya jadi satu, bs tdk sy ganti 10 aki eksternal dg amper besar misal 55 amper memang tdk praktis makan tempat, pertanyaan kedua bisa tdk saya ganti dg aki 1 atau 2 bh tapi voltnya sama dg aslinya, makasih

      Delete
    2. ups tsb 1 bh, saya intip ada 10 bh aki 12v 7amper disusun seri menjadi 120 volt, jalur cegernya jadi satu, bs tdk sy ganti 10 aki eksternal dg amper besar misal 55 amper memang tdk praktis makan tempat, pertanyaan kedua bisa tdk saya ganti dg aki 1 atau 2 bh tapi voltnya sama dg aslinya, makasih

      Delete
    3. Rizqi kudus@Bisa mas,,,satu in aja ngak apa2 chargernya kalau kepisah...Plus minus jangan sampai kebalik apalagi konslet

      Her wanto@
      SATU JAWABAN AJA INTINYA KALO VOLTASE SAMA NGAK APA APA...AMPERE CMA PENGARUH DI DAYA TAHAN NYA

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. Makasih atas jawabanya mas haryo tomas....
      tapi gimana cara satuin adja ???
      cabel carger dua buah ups nya di seri apa di pararel?
      ....
      soalanya gini mas saya kemarin buat seperti teori mas UPS 600 va merek ERSYS saya pasang dg aki mobil 55 amper....lah ketika saya coba cuman tahan 15 menit lalu mati dan saya pegang UPSnya panas banget.
      Lalu saya anggap mungkin terlalu besar beban yang saya gunakan...
      lalu saya kan masih punya UPS 1 lagi 600 va dg merek sama....
      lah rencannya 2 buah UPS tersebut saya kasih aki satu saja 55 ampere agar beban nya yang kepakai saya bagi ke 2 UPS agar tidak terlalu besar.... lah apkah itu isa n gimana cara chargernya?...
      maksih banyak sebelumnya mas.,...

      Delete
    6. bisa mas... kalau cuma 2kabel + dan - bisa anda sambung paralel

      Delete
  73. Utk aki 70Ah, bs g mas di cas dgn UPS ICA 600va ? brp lama ? soalnya aki sering tekor saat mati lampu, hal ini terjadi setelah alat cas aki nya g bs setrum lg (alat cas terpisah max stelan 18Ah). Terima kasih

    ReplyDelete
  74. saya rasa aki anda udah soak....

    ReplyDelete
  75. Mas bro saya punya ups ica ct 1082 b 1000 watt.
    Saya sudah praktek kan seperti wejangan mas bro, malah saya beli aki baru 100 ampr kok cuma tahan 30 menit ya.
    Mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tak tau itu memang outputnya bisa benar2 1000 watt full beban atau cma tulisan,..?
      Bebannya apa aja n berapa watt?

      Coba anda pinjam tang ampere dan lihat berapa arus yang keluar dari aki ke ups kalau diatas 50 A berarti memang benar sekitar 1000 watt an out nya... hati2 kadang2 nyetrum akinya....

      Delete
  76. Mas bro saya punya ups ica ct 1082 b 1000 watt.
    Saya sudah praktek kan seperti wejangan mas bro, malah saya beli aki baru 100 ampr kok cuma tahan 30 menit ya.
    Mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
  77. Saya tak tau itu memang outputnya bisa benar2 1000 watt full beban atau cma tulisan,..?
    Bebannya apa aja n berapa watt?

    Coba anda pinjam tang ampere dan lihat berapa arus yang keluar dari aki ke ups kalau diatas 50 A berarti memang benar sekitar 1000 watt an out nya... hati2 kadang2 nyetrum akinya....

    ReplyDelete
  78. TERIMA KASIH BUAT MAS HARYO
    sudah sempat membalas.
    Beban nya cuma 300 mas.
    Tapi aki yg saya gunakan 2 buah aki motor standar dan 1 buah aki 100 ampr.
    Voltase sama amper aki beda.
    Apa itu jadi masalah ya ?
    Trus saya coba pake ups apc yg cuma 1 aki ternyata berhasil 100 % uji coba baru 2 jam masih oke.(beban 300 wat)
    Pertanyaan nya apakah aki 100 amp tersbt mampu di charge oleh UPS ?
    Boleh kah saya kasih charger external ketika aki masih terhubung dgn UPS
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ketika kapasitas aki kecil nyaris habis mungkin voltase jadi kebagi atas aki yang kecil tadi,ketika voltase down maka otomatis shutdown ups nya....

      SARAN PAKAI AKI SAMA AMPERENYA....
      Aki 100 ah dicharge pakai ups tsb juga bisa tapi sngat lama penuhnya,kalau pakai eksternal juga ndak masalah,asal tak kebalik...

      Delete
    2. Ow begitu.
      Budget terbatas mas heheheh
      Masalah penambahan charger external maksd saya ketika ups sedang terhubung dengan listrik, saya lakukan charger dg external charger juga. Apa arus nya gak tabrakan ?
      Takut meledak

      Delete
    3. Ow begitu.
      Budget terbatas mas heheheh
      Masalah penambahan charger external maksd saya ketika ups sedang terhubung dengan listrik, saya lakukan charger dg external charger juga. Apa arus nya gak tabrakan ?
      Takut meledak

      Delete
  79. Kasih dioda di output dicharger eksternalnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dioda brapa mas ( tipe ) kasih nya di kabel positif atw negatif.
      Makasih.
      Maaf banyak tanya

      Delete
  80. DIoda 5 ampere an di forward bias ke aki....

    ReplyDelete
  81. Mas saya punya ups merk apc.bekas server disitu tertera 3000/2700 watt.kira2 kuat berapa lama buat 1 komputer dan lampu jari 10 watt.( rumusnya gmm buat ngitung kekuatannya).makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Misalnya :
      - Beban 100 W.
      - Aki yang digunakan 12 V 120 Ah.

      Maka didapat :
      - 100 W/12V = 8,3 Amper.
      - 120 Ah/8.3 A = 14.46 jam – 3 jam (factor dieffisiensi) = 11.46 jam

      Atau :
      - Aki 12 Volt 120 Ah.
      - Beban 400 Watt.

      Maka didapat :
      - 12 Volt X 100 Ampere/hour = 1200 watt/jam.
      - 1200 Watt/400watt = 3 jam

      Delete
  82. Terima kasih mas..atas bantuannya

    ReplyDelete
  83. Mas mau nanya
    Misal saya pakai ups yang dimodif dengan aki 12v45ah 2 biji paralel, apakah bisa secara tidak langsung menghemat penggunaan listrik?
    Contoh, dengan menggunakan aki 45ah(2) saya bisa menggunakan komputer x jam, nah saya bandingkan penggunaan listrik untuk mengecas full aki tsb dgn penggunaan pc langsung (tanpa ups) selama x jam tadi, apakah lebih 'hemat' KWh nya, atau malah sebaliknya?

    Terima kasih, maaf belibet hehe

    ReplyDelete
  84. Tetap boros pakai ups,,,dalam listrik setiap masuk perangkat entah inverter atau step down/charger aki,dll maka akan terjadi penurunan efisiensi listrik/sebagian listrik hilang entah itu panas,komponen yang buruk,dll...maka jalan terbaik menurut saya agar hemat listrik anda pakai panel surya kemudian ditampung di aki dan kemudian dipakai untuk perangkat lain komputer,lampu,dll..... intinya pakai ups untuk penghematan tidak bisa dilakukan.(Tanpa UPS lebih hemat)

    ReplyDelete
  85. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  86. mas kalo sayang menggunakan 2 ups dengan 1 aki yg sama bisa ga ? maksudnya 1 aki backup 2 ups

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa asal voltasenya sama 12 volt atau 24 volt bisa diparalel

      Delete
  87. Mas Haryo
    Saya pakai ups apc BR1200 GI, berhubung batere bawaannya sudah mulai melemah dan ditempat sya susah diperoleh type yg identik, pengen ganti aki mobil juga, Batere bawaannya 2 unit x 12v@9ah (total 24v@9ah), pertanyaannya adalah
    1. Baterai tersebut di susun seri atau paralel Mas, terus bagaimana detil disusunnya?
    2. Apabila yg diminta oleh UPS adalah susunan seri tetapi yg kita buat paralel, atau sebaliknya, apa pengaruhnya thd ups dan thd batere itu sendiri?
    3. Kalau membeli aki baru, apa sebaiknya di cas penuh dulu baru dirangkai dengan ups atau boleh langsung dipasang diups?
    4. Bagaimana perawatan rutin aki basah tersebut?, apakah sesekali harus dijalankan/diberi beban (diputuskan sambungan pln) ?.
    Tks sebelumnya Mas...

    ReplyDelete
  88. 1.Liat aja diparalel atau diseri diadalamnya,kalau seri ya harus diseri,kalau paralel ya harus diparalel
    2.kalau ups seri kita paralel baterainya biaasa ngak hidup buat ngangkat ups,tapi kalau mintanya paralel anda malah seri biasa nya malah rusak modul ups nya (Pembahasan lebih dalam)
    3.Di isi dulu aja,soalnya charger UPS kecil arus mkeluarnya
    4.cukup lihat saja kondisi air akinya jangan sampai kering...

    ReplyDelete
  89. Mas kalo misalkn saya gunakan aki mobil tp akinya tetap terpasang di mobil apakah boleh bila kabel2 yg dr mobil itu tetap terpasang ato harus di lepas. Dan kalo jawaban bapak boleh apakah boleh mesin mobilnya saya nyalakan jika kabel dari ups sdh saya pasang? Terima kasih sblmnya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. tq Mas Haryo atas jawabannya..
      Btw untk Mas Nijam Faw, saya coba bantu jawab ya....
      Menurut saya tidak bisa mas apabila kabel-kabel dari mobil masih terpasang di aki, apalagi sampai menghidupkan mesin mobil, mengapa?

      Apabila karena sesuatu hal anda terburu-buru dan lupa bahwa aki di mobil tersambung ke UPS , maka bisa dibayangkan kabel dan ups anda akan terseret, apalagi kalau sampai ke jalan raya, anda bisa membahayakan lalu lintas.
      Mohon maaf kalau kurang relevan..

      Delete