Lampu Belajar dengan USB+Dimmer LM 317+ LED 3 watt.

   
 
     Pada kali ini saya akan memberi sebuah postingan tentang membuat lampu belajar maupun dibikin lampu buat penerangan keyboard komputer atau laptop dari LED 3 Watt.

      Pertama kita siapkan dulu sebuah lampu LED,anda bisa pakai 1 watt,3 watt,maupun 5 watt,saya sarankan anda mengunakan lampu yang wattnya rendah dibawah 5 wattm,karena kita pakai Pin USB yang notabene hanya 5 volt dan arusnya tergantung oleh watt lampu tersebut serta kemampuan Port USB tsb memberi arus.







                                           Berikut Arus yang keluar jika mengunakan LED :


LED 1 Watt voltase maksimal 4,7 Volt
LED 3 Watt voltase maksimal 4,7 Volt
LED 5 Watt voltase maksimal 7,2 Volt
Note: tiap LED memiliki voltase yang berbeda,
lihat datasheet led masing-masing

Tetapi LED 1 Watt dan 3 Watt pada kenyataannya mampu bertahan sampai 5 Volt
Terlihat bahwa satu buah LED yang 5 watt nyaris setara dengan 1 harddisk eksternal.
walaupun sebenarnya voltase LED khusus 5 Watt adalah 7,2 volt.
Tapi kita gunakan 5 voltpun tak masalah.

Pertama kita buat Dimmer mengunakan IC LM 317.

Komponen :

- IC LM 317 (1 buah)
-Transistor TIP41/3055 (1-5 buah)
-R 12 K - 15 K (1 buah)
- Elco 47uf/16 v (2 buah)
- Pot 50 K Mono (1 buah)
- Kabel secukupnya

Perhatikan diagram dibawah ini :


Dibawah ini Pin out LM 317

Ini layoutnya

Ini Layoutnya untuk voltase diatas 
5 Volt dan arus diatas 1 Ampere
 


Dibawah ini sudah jadi,tetapi aku tambahi dengan kapasitor
tapi skema diatas dah berjalan dengan baik,kok...
Aku tes pakai lampu LED 1 watt


Setelah itu kita cari dudukan lampu belajar bekas yang sudah tak kepakai,
Lalu kita pasang saja di dudukan belakang lampu tersebut


Ini Penampakan  atasnya


Pemasangan fiting lampu bohlam
diganti dengan LED 3 Watt + sirip pendingin
Kemarin aku beli dijogja di Toko S**ar M*s,harganya sekitar Rp.9500
aku agak lupa,mslh e...


Dibawah ini sudah terpasang dengan katup/tudung lampu


Sekarang kita pasang USB Pin2nya




Lihat gambar Pin dibawah ini (dilihat dari atas,sorry agak burem gambr e)



Ini penampakannya lampunya bisa di dimmer sesuka hati


     

Jika kurang jelas silahkan bertanya

SEKIAN POSTINGANNYA SEMOGA BERMANFAAT
PENGUJIAN : 100% WORK


SALAM SUKSES













96 comments:

  1. Salam mas Haryo, jika LED ditambah (2-3pc 1W dirangkai seri) apakah skema tetap ? Nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matur suwun atas pertanyaanya
      Kalau anda memakai led 1 watt diseri maka led tak akan menyala
      Disebabkan led 1watt setiap bijinya membutuhkan supply 3,7 -4,7 volt
      Jadi kalau led diseri maka membutuhkan voltase sekitar 11,1 volt - 14,1 volt,sedangkan kalau usb tegangan hanya 5 volt,jadi jika ingin diseri led nya catu daya bisa dari aki 12 volt,jika pakai usb kmptr atau powerbank led bisa diparalel.
      Rangkaian dimmer tetaplah sama

      Terima kasih atas kunjungannya

      Delete
    2. Mas mau tanya kalo cuma pake led 0.5 watt sama potensio aja bisa nggak usah komponen lain, catudaya pake powerbank 5 volt, kalo bisa butuh potensio yg spesifikasinya gimana. Makasih mohon jawabannya...

      Delete
  2. kalau di tambah IC 1 lagi apakah dapat berpengaruh terhadap skema?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak bisa mas itu diparalel...kalau mau nguatin arus harus pakai transistor penguatnya.Soal IC ndak bisa diparalel

      Delete
  3. kalau untuk led 33wattx 10 pcs alat apa saja yg diperlukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas,ini 10 pcs led berapa watt ya per piece nya...yang per biji 1 watt atau 3 watt ya...??
      Dan mnta 10 pcs diseri semua atau diparalel..??

      Nanti saya bikinkan skemanya

      Delete
  4. bisa ngak mas untuk buat alatnya butuh 30 set ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas,ini 10 pcs led berapa watt ya per piece nya...yang per biji 1 watt atau 3 watt ya...??
      Dan mnta 10 pcs diseri semua atau diparalel..??

      Nanti saya bikinkan skemanya

      Delete
  5. Mas Tomas, saya mau tanya.. sedikit banyak hehe

    gini mas, rencana di rumah saya, semua lampu mau diganti LED, dan saya buat bisa dimm semua di tiap ruangan.

    Apakah bisa dengan dimmer seperti yang sedang dibahas di blog ini? Kalau bisa, saya mau belajar sama panjenengan, mas..

    Matur nuwun,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,bisa mas....
      Silahkan mas...
      Dimmer ini bisa difungsikan dengan inputan AC 220 volt/PLN tapi inputannya hanya bisa diconverter pakai trafo 220 volt to 5 volt (atau sesuai voltase LED jika LED berbeda),atau pakai trafo switching arus nya juga sesuai dengan Arus yang dibutukan LED

      Ini penjelasan singkatnya,

      Delete
    2. Jadi, dimmer ini dipasang nya setelah tegangan diturunkan (ke 5v) atau setelah dioda mas..? (setelah di-DC-kan)

      Delete
    3. Tergantung kebutuhan voltase LED mas,,,kalau led 1 watt an maksimal pakai voltase ,47 volt sebenarnya tapi saya pakai 5 volt karena voltase tsb akan drop setelah lewat rangkaian....

      Delete
    4. Oke, saya coba dulu deh..
      Makasih mas udah dibantu!

      Kalo bingung, nanti saya nanya lagi.. hehe

      Delete
  6. mas mau tanya harga lampu led 3watt berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya bukan penjual cman mungkin sekitar 3000-5000 an per buah

      Delete
  7. Saya udah coba mas, tapi kenapa kok led 1 watt nya redup sekali. Tapi kalau saya coba led 1 watt langsung ke 2 baterai abc. Jauh sekali perbandingannya.. apakah ada yg salah?

    ReplyDelete
  8. Memang kelmahan seri yaitu lampu harus keadaan fit dalam arti led kondisi baik,ketika kita membeli led penjual mencoba led dengan voltase maksimum,tidak mengunakan voltase rendah padahal ketika voltase paling rendah itulah led teruji dengan baik atau tidak,..jadi ketika anda mensupply secara maksimum dengan baterai AA 2 buah seri tentu terang...tapi blm tentu dengan voltase terendah led,,,jadi intinya coba coba dengan led yang kondisi baik...ketika diseri memang ada memonopoli arus dan voltase led yang buruk akan redup yang baik akan terang...terima kasih

    ReplyDelete
  9. Itu di gambar ke 4 seperti ada kapasitor?!

    ReplyDelete
  10. Itu cma piranti tambahan mas,ngak dikasih ndak apa apa kok...

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Mas ada email ngga yah? Saya mau nnya2

    ReplyDelete
  13. mas saya tertarik untuk merangkai.

    rencana saya mau pakai LED strawhat / Led topi 0.75 watt.
    kira2 komponen apa lagi yang perlu ditambahkan atau dikurangi ?
    sumber daya saya mau pakai power bank.

    kira2 ada nggak rumus. yang menghitung penggunaan daya perjam.

    biar jelas juga kira2 power bank 3000 mah dapat bertahan berapa jam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya rumus daya secara mutlak bisa dilakukan dengan melihat konstanta/daya semu beban maupun baterai,tapi penjelasan singkatnya hanya mengunakan rumus W=V*I yaitu volt kali arus maka PB biasanya 5 volt*3a jika memang murni, 15 watt dayanya power bank kemudian led 0,75 karena led tak mampu disupply oleh 5 volt maka anda bisa mengunakan resistor 100 ohm yang diseri dngn led maka karena dah dapat daya kedua nya hasil nya 15/0,75=20 jam itu cma teori mungkin ngak sampai mungkin PB udah keok,blm lagi rumus hilangnya daya di resistor,dropnya baterai,dll...

      Delete
    2. oke... sip.
      terima kasih mas.
      sangat membantu ^_^

      Delete
  14. Mas..mau tanya.
    Saya pasang lampu LED utk motor sya,tapi saya rasa terlalu terang.maunya saya pasang dimmer dgn trimpot utk mengatur intensitas cahaya.skemanya gimana ya mas dan bahan apa saja yg diperlukan?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf lednya seperti apa ya kalau lednya masih 1-5 watt masih pakai rangkaian diatas misal pakai led diatas 5 watt harus diumpan pakai transistor atau fet supaya ic tsb tak rusak karena kelebihan arus,,,dalam waktu dekat saya postingkan.

      Delete
  15. rangkaian diatas klo dikasih daya diatas 30v kuat g y mas...?
    y.. untuk output ditambah transistor 3055..
    soalnya mo sy praktekan ke led 100w.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Bisa mas,saya juga mau postingkan saya dah coba,tapi ada beberapa yang njeblus transistornya entah kw tr nya atau sayanya yang ngantuk jadi salah masang,tapi bisa kok dipasangnya...hahahaha bagus mas good luck

      Delete
  16. mas aku ada email tolong dibaca mau pesan rangkaian dimmernya

    ReplyDelete
  17. Mas mw tanya saya mau bikin lampu led diy buat aquascape maksudnya ingin dipasang dimmer jadi cahaya bisa diatur terangnya led nya menggunakan hpl 1 watt voltage rata2 3volt menggunakan deiver 18-24 watt total lampu sirangkai 22 watt gimana rangkai dimmernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas dan sama juga skema nya,cma komponen nya agak dirubah terutama dielko ganti yang 50volt voltasenya,kemudian yang 12k-15k diganti 10 K,serta kalau mau lebih presisi 50k potnsio di paralel sama trimpot 50K juga kemudian ditrim sesuai keinginan...

      Delete
  18. Mas mw tanya saya mau bikin lampu led diy buat aquascape maksudnya ingin dipasang dimmer jadi cahaya bisa diatur terangnya led nya menggunakan hpl 1 watt voltage rata2 3volt menggunakan deiver 18-24 watt total lampu sirangkai 22 watt gimana rangkai dimmernya

    ReplyDelete
  19. Bisa mas dan sama juga skema nya,cma komponen nya agak dirubah terutama dielko ganti yang 50volt voltasenya,kemudian yang 12k-15k diganti 10 K,serta kalau mau lebih presisi 50k potnsio di paralel sama trimpot 50K juga kemudian ditrim sesuai keinginan...

    ReplyDelete
  20. Mau tanya juga mas... Kalau untuk input 12V led 3watt... Udah saya seri untuk jumlah lampu 4, 8 & 12 apakah rangkaiannya masih sama?? Atau ada yg perlu diganti??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas,anda bisa pakai skema dibawah ini harus pakai transistor kalau arus besar,

      http://tomasharyo.blogspot.co.id/2015/12/power-supply-simetris-variabel.html

      pakai skema yang lm317 dan transistor TIP 147/TIP 2955 outnya bisa besar arusnya.

      Delete
  21. mas mau tanya, LED 3 watt / LED 5 watt terangnya seperti apa ya? rencananya mau aku buat sebagai penerangan sederhana kalau shooting video di malam hari. sumber dayanya juga bisa dari PB. apakah bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kasih perbandingan saja,bahwa led itu dngn daya sama terangnya sekitar 2 kali lampu neon dan sekitar 10 kali lampu wolfram biasa,jadi anda bisa mengira ngira seberapa terangnya,Secara teori bisa mas...karena power bank yang bisa keluar 2 ampere dayanya sekitar 10 watt dan yang 1 ampere sekitar 5 watt,tapi kalau daya besar saya rasa paling efisien adalah mengunakan voltase tinggi misal aki 12 volt diseri 4 buah dan diparalel sesuai kebutuhan,atau saya punya gambaran buat anda kalau mau. Pin saya 5C761468

      Delete
    2. boleh mas. udh di add pinnya

      Delete
  22. Numpang belajar mas.sy punya led 10 Watt yg ingin sy gunakan sebagai alat penerangan darurat.biasakan dgn power bank 5A ..atau DC 12 va mas mohon ilmunya ..tra kasih

    ReplyDelete
  23. Numpang belajar mas.sy punya led 10 Watt yg ingin sy gunakan sebagai alat penerangan darurat.biasakan dgn power bank 5A ..atau DC 12 va mas mohon ilmunya ..tra kasih

    ReplyDelete
  24. pak bisa bantu buat rangkain dimmer buat lampu 12volt 6ampere??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas,itu sudah saya postingkan yang pakai transistor diatas 1 ampere,bisa pakai tip41/tip3055 sesuaikan posisinya....

      Delete
  25. mas mau tanya, apa semua lampu LED bisa langsugn di sambung ke Dimmer?karna waktu itu saya pernah pake dimmer tarnya nyala LED nya kedap kedip
    ada yang bilang pake balace, apa benar???trus untuk balace yang cocok apa yah.. thx

    ReplyDelete
  26. Ya ngak mas tergantung mnta nya voltase led dan maksimal output dimmer bisa berubah-ubah...led kedip itu karena ada frekuensi yang berubah masuk lampu led sehinga lampu berkedip,coba pakai elko di output dimmer ,saya pernah coba kadang berhasil kadang tidak...

    ReplyDelete
  27. om saya mau tanya,
    saya punya driver input ac 90-265, 0,3A lalu dc output nya 25-45v. I 900mA. mau pasang led hpl yang 3 watt an. gimana om cara merangkai nya?makasih sebelum nya.

    ReplyDelete
  28. diseri aja mas jadi 13 buah,kalau di seri 12 terang banget tapi bisa tewas salah satu led nya ntar.

    ReplyDelete
  29. Oo..pantesan kok putus terus led nya saya pasang 12 biji, jadi hrs 13 biji ya... makasih mas jawaban nya.

    ReplyDelete
  30. Oo..pantesan kok putus terus led nya saya pasang 12 biji, jadi hrs 13 biji ya... makasih mas jawaban nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas LED dipasaran kurang mampu disupply 4 volt per biji, kalau led kualitas bagus bisa sebenarnya,tapi ya memang rawan rusak tetep
      kalau 4 volt cari agak aman aja.3,7volt per biji.

      Delete
  31. mas mau tanya, kalo dimmer ini dipake buat led strip 12v daya 14watt/meter dan sumber dayanya baterai 18650 diseri 4, apa ada perubahan di rangkaian dimmer mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngak mas ngak perlu voltase lebih dari cukup,kalau ngak salah itu buat led strip yak.....cman pertanyaannya adalah arus yang diambil dari baterai akan mudah habis jika semakin panjang strip nya,apalagi baterainya yang kualitas buruk,nanti saya akan memposting dimmer analog untuk strip LED.mksh

      Delete
    2. bedanya dimmer analog dan dimmer ini apa mas? apa keduanya juga bikin flicker? soalnya saya baca kalo PWM dimmer yg dijual dipasaran bikin flicker dan itu kalo direkam pake kamera sangat mengganggu

      Delete
    3. sama aja mas,,,maksud saya dimmer ini perubahan intensitasnya bertahap,mengunakan voltase sebagai acuannya,flicker akibat frekuensi nya output dibawah 50 Hz mata kita tak melihat tapi kamera bisa melihat kedipan tersebut,sehingga menggangu,,,kalau pakai skema saya mungkin tidak flicker jika flicker bisa bermasalah bagian power supply kurang bersih out nya,atau kalau tidak ganti nilai resistor feedback dengan nilai lebih besar,silahkan berkreasi....

      Delete
  32. Mlm mas Haryo. Sy ingin bicara, apa mas berkenan beritahu no. hp yg dpt dihbgi? Sy ingin ajak kerjasama utk buat lampu belajar 1x3Watt dgn dimmer.
    No. hp saya : 0812 812 9500 atau 08788 70 95000

    Salam,
    Ramli Sutarjo
    Email: ramlisutarjo@yahoo.com

    ReplyDelete
  33. Mlm mas Haryo. Sy ingin bicara, apa mas berkenan beritahu no. hp yg dpt dihbgi? Sy ingin ajak kerjasama utk buat lampu belajar 1x3Watt dgn dimmer.
    No. hp saya : 0812 812 9500 atau 08788 70 95000

    Salam,
    Ramli Sutarjo
    Email: ramlisutarjo@yahoo.com

    ReplyDelete
  34. mas, mau tanya semisal saya pakai LED 1 watt dan saya paralel semua LEDnya. untuk menyalakannya saya menggunakan Power Bank 2 Ampere 10000 MaH. untuk penggunaan rangkaianya saya hanya menggunakan resistor atau dioda bisa tidak? kalau bisa ukuran dioda atau resistornya kira" berapa ya. . .

    ReplyDelete
  35. pkai setiap led 30 ohm atau 10 ohm kalau tak ada 30 0hm, tapi akan agak panas r nya.. Dan.agak boros listrik nanti kalau pakai r...tak perlu

    ReplyDelete
  36. Maaf saya masih pemula Om, mau tanya fungsi resistor, dioda, potensio. Itu untuk apa ya ?
    Bisa bikin lampu LED nyala lebih terang, atau bagaimana.
    Maaf,masih pemula. Di bully jg dak papa .hehe

    ReplyDelete
  37. Resistor untuk tahanan

    dioda untuk penyearah arus listrik

    Potensio sama seperti resistor hanya bisa diubah nilai tahanannya


    saya tidak paham maksudnya mas gimana?

    (haryo)

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. boleh minta no hp ato pin bb mas... klo boleh bisa d sms'in k 081335815858,,, trima kasih mas...

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Mas saya mau tanya,
    Saya punya led 3watt 9buah, saya rangkai pararel, dayanya saya pakai dari powerbank. Saya mau pake dimmer, tapi sebaiknya pake sekema dimmer yang mana ya mas??
    Tolong pencerahan nya.
    Terima kasih mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terlalu besar LED anda, daya PB outputnya cman 5 Watt sampai 10 Watt/ jam, lampu anda terlalu besar kalau dipaksa parallel nanti LED akan redup atau terang tapi berkedip LED anda

      Delete
  42. Mas saya mau tanya,
    Saya punya led 3watt 9buah, saya rangkai pararel, dayanya saya pakai dari powerbank. Saya mau pake dimmer, tapi sebaiknya pake sekema dimmer yang mana ya mas??
    Tolong pencerahan nya.
    Terima kasih mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai yang diatas 1 ampere yang pakai transistor.... Tapi power bank hanya bisa mengalir arus antara 1-2 ampere,,, memakai 9 buah led @3 watt saya rasa tidak efisien.... mungkin hanya bisa umtuk 3 watt 2 buah saja....

      Delete
  43. Boleh minta no wa atau pin bbm nya mas?.. saya rencana ingin minta di buatkan lampu emergency yg runtimenya panjang. Terima kasih sebelumnya mas. No Wa saya 085249996664.

    ReplyDelete
  44. Master jawab dong, saya mau bikin rangkaian lampu laser speknya laser daya: 150 mw, tegangan 5 v.
    Pengin pasang 20 lampu laser, butuh resistor yg berapa ohm ya tiap laser?
    Baiknya pake adaptor yg berapa volt? Cukup ga klo pake adaptor hp. 5v 2.0 a?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai adaptor 5v 2ampere murnni dah cukup tanpa perlu resistor

      Delete
  45. Master jawab dong, saya mau bikin rangkaian lampu laser speknya laser daya: 150 mw, tegangan 5 v.
    Pengin pasang 20 lampu laser, butuh resistor yg berapa ohm ya tiap laser?
    Baiknya pake adaptor yg berapa volt? Cukup ga klo pake adaptor hp. 5v 2.0 a?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya berarti diparalel saja, 5v 2 ampere masih kurang minimal 3 ampere.... Itu dengan catatan arusnya asli...

      Delete
  46. Mas Mau nanya, kalau buat dimmer automatis redup bisa? misalnya, saya pakai lampu 6o watt LED Dimmable. setelah dinyalakan. jam 1 100%, jam ke 2 80%, jam ke 3 60%, jam ke 4-10 40%, dan jam 10-12 di 20%, dan meredup 100%-0% selama 8 jam. dan mati automatis jam ke 12. bisa kah mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa mas.... Cman saya ngak tau apa ada timer buat potensionya, karena sparepart nya agak susah dicari kalau ngak salah namanya potensio timer bisa dibuat pakai alat itu

      Delete
  47. hmm jadi bingung nih led 3w mau disupply power bank 5v arus 1 ampere, katanya led tidak boleh lebih dari 25miliampere apa gak terbakar tuh led jika langsung ditancepin ke power bank dan kalau pakai resistor gimana ngitungnya ? mohon pencerahanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak apa apa sebenarnya meski led akan cepet panas,,,kasih saja output terakhir resistor 10 ohm/5 watt

      Delete
  48. Mau tanya2 dong mas, boleh minta emailnya, ini email saya herman.to.you@gmail.com

    ReplyDelete
  49. Misi om numpang tanya,saya ada lampu led 16pcs x@3watt saya rangkai seri dengan modul driver IN=90-260VAC OUT=32-62VDC 600ma.jadi kalau mau saya tambahin dimmer rangkainya seperti di atas atau dengan spek yg perlu dirubah om misal potensionya atau diodanya.terimaksih om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Voltase out nya terlalu besar...coba cari rangkaian lain yang pakai triac atau beli dimmer high voltage

      Delete
  50. Mas mau tanyak klo buat dimmer yg di pasangin di senter led 7 watt gmna mas caranya? Pakek pontensio brpa sma resistor brpa? Apakah pakek transistor jga? Mohon penjelasannya maz...
    Terima kasih....

    ReplyDelete
  51. Mas mau minta tolong, saya pengin punya senter yg terang, saya sudah punya baterai 18650 ada 6 biji, minta skemanya beserta jenis-jenis komponennya, termasuk lampu LED-nya suwun. Bisa dikirim ke saeroso53@gmail.com

    ReplyDelete
  52. Mas...kl 1 biji hpl led 5watt pake baterai AA 3 biji rangkai seri (jadi 4,5volt bisa lgsng dtancepin ke led hplnya ga?atau hrus pake resistor yg ukuran brp ohm?supaya aman n tahan...mw sya bikin utk lampu mancing....yg dr pabrik tiba2 gosong resistornya, jd ga kliatan yg dipake ukuran brp resistornya....info ya om🙏🙏trimakasih sebelum ya

    ReplyDelete