Inverter 12V to 220 V (Transistor TIP 41 + Trafo)

 Disini saya akan membuat sebuah inverter sederhana dari  transistor TIP 41/31 dan juga trafo sebagai penaik tegangannya.Memang hanya sederhana tidak terlalu rumit dan juga dayanya pun tidak terlalu besar,tetapi cukup membantu buat penerangan pada waktu mati listrik dirumah.

Ini skemanya
Skema belakangnya

Daftar Komponen :

-Transistor TIP 41/31 (2 buah)
-Resistor 3 K (6 buah)
-Kapasitor AC 2,2uf/400V (1 buah)
-Trafo CT 12-0-12,1 ampere-10 ampere (1 buah)
-Aki 12 volt (1 buah)
-Lampu bohlam 10 watt / Lampu Jari 10 watt (1 buah)


Trafo semakin besar amperenya semakin kuat daya output inverternya
Semakin besar kapasitas Aki semakin lama daya tahan inverter tersebut


Ini trafo bekas DVD player,kayaknya 2 ampere



 Ini inverter yang sudah jadi tetapi saya paralel menjadi 4 buah TIP


 Lilitan primer trafo disambung ke Lampu bohlam 5 watt


Kemudian output dari emitor TIP ke kaki trafo 12v


Lalu + trafo disambung ke CT trafo


Dalam pengujian ini bisa dengan output daya rendah
Memang agak boros daya mengunakan inverter jenis ini tetapi kalau hanya untuk penerangan sementara cukup memuaskan,jika ingin menambah daya anda bisa menaikan kapasitas akinya dan juga menaikan arus trafonya

SALAM SUKSES
100% WORKING

178 comments:

  1. 4tip tp kok r nya banyak banget nih....yg 6 r nganggur ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klu buat 500watt gimana gan caranya....dah nafsu mau bikin nih....makasih

      Delete
    2. Iya mas emang yang R biru itu emang nggangur mau tak copot males,karena itu pcb bekas...

      Kalo mau bikin yang 500 watt mesti diparalel TIP nya menjadi 8 - 10 pasang,dan trafonya pun minimal harus 10 ampere tapi agak boros mas buat inverter daya tinggi kalo saya rekomendasikan inverter jenis ini untuk daya menengah kebawah aja,misal buat hidupin lampu tl ato semacamnya...

      Delete
    3. Assalamualaikum, tabe mas saya mohon info kebetulan punya inverter bekas dirumah menggunakan 2 aki kering 7,5 ampere tapi saya mau ganti aki 100 ampere,apa memungkinkan?mohon petunjuk

      Delete
    4. Assalamualaikum, tabe mas saya mohon info kebetulan punya inverter bekas dirumah menggunakan 2 aki kering 7,5 ampere tapi saya mau ganti aki 100 ampere,apa memungkinkan?mohon petunjuk

      Delete
    5. Assalamualaikum, tabe mas saya mohon info kebetulan punya inverter bekas dirumah menggunakan 2 aki kering 7,5 ampere tapi saya mau ganti aki 100 ampere,apa memungkinkan?mohon petunjuk

      Delete
    6. Bisa mas....asal voltase sama dengan input inverter

      Delete
    7. Bang klo pake trafo 2 ampere ct bisa gx bang...
      Soalnya saya coba pake tip41 dan resistor 1k cuman kedip2 doank.... makasih...

      Delete
  2. artikel yang bermanfaat, fungsi dari TIP diparalel apa ya gan? mohon penjelasannya krna lg seneng belajar electro tp masih newbi gan,thks

    ReplyDelete
  3. Fungsinya adalah sebagai penguatan bertingkat mas jadi ketika inverter pada trafo dinaikan amperenya maka transistor juga harus diparalel sehingga output inverter juga seimbang antara trafo dengan transistor,jika yang dinaikan hanya transistornya juga akan percuma karena trafo juga mempengaruhi output...jadi harus seimbang.

    Kegunaan menambah/paralel transistor untuk menaikan arus yang masuk dari aki ke input trafo...sehingga daya juga akan naik

    Terima kasih mau berkunjung.

    ReplyDelete
  4. Mas mau tanya kalau 500 watt, butuh aki berapa ampere... trmks

    ReplyDelete
  5. Kalau aki normal mengunakan aki motor pun udah bisa,tetapi kalau mengunakan skema ini harus diparalel mengunakan TIP 3055 sekitar 20 buah dan trafo sekitar 20 ampere,ampere aki semakin besar akan semakin lama daya tahannya...saran saya pakai yang aki mobil diatas 50 ampere agar bisa bertahan beberapa jam..

    ReplyDelete
  6. Trafo 20 ampere besar dan mahal, keinginan saya irit modal atau agak mahal gk papa yang penting wattnya besar. Kalau trafonya 10 ampere, aki mobil 12 volt 65 ampere butuh TIP berapa buah dan keluar watt berapa ... trmks

    ReplyDelete
  7. Sebenarnya kalau mau daya besar bisa dimodif sendiri trafo tersebut dengan menganti ukuran kawat email diatas 2mm untuk gulungan sekundernya mnjadi 12-0-12 volt,tapi jika mengunakan trafo 10 ampere dipasaran kayaknya sulit untuk mndapat 500 watt tip 3055 sekitar 20 buah kanan kiri,,,

    ReplyDelete
  8. itu kapasitornya saya lihat kok ga ada ya di skema sama gambarnya

    ReplyDelete
  9. Kapasitor akhir hanya sebagai komponen tambahan bukan utama,kapasitor dipakai kalau bebannya memilik i komponen induktor misal lampu jari...tidak dipasang juga ndak apa2 kok..

    ReplyDelete
  10. bang, tip 41 dan tip3055 kira2 bisa di paralel gak? klo bisa bagi skema nya lha...

    ReplyDelete
  11. skema nya sama mas...jadi colektor tip kiri dijadikan satu semua di kiri yang kanan jadi satu semua di kanan ..
    dibasis tiap transistor diberi 3 k ohm diparalel atau 1 k ohm semua dan emitor dijadikan satu semua

    ReplyDelete
  12. kalo menurut saya, boros tidaknya itu tergantung aki gan...
    makin besar kapasitas aki ya makin lama nyalanya

    ReplyDelete
  13. bedanya rangkaian yang hanya transistor dan rangkaian yang pakai IC apa ya gan??
    mohon jawabannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas mas,,sebenarnya pakai ic itu cma berfungsi membuat gelombang ac aja tapi penguatnya tetep pakai transistor mas...bisa pakai ic 555 sampeyan bisa browsing...prinsip dasarnya sama kok mas....

      Delete
  14. Mas kalo 12vdc ke 12vac berarti gk usah masuk step up trafo ya? Atau harus pake induktor lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak usah mas...output e yang 12 volt itu dah jadi ac tapi bukan ac sinus jadinya sinyal kotak...ente ndak perlu pakai trafo,out tersebut dah skitar 12 volt ac....

      Delete
  15. wah ternyata keren juga mas hasil rekayasanya... sukses ya... ihsan dari www.caratekno.com

    ReplyDelete
  16. Gan ane mau bikin pakai trafo 3 ampere kok untuk 12 volt tidak ada yah trus pake yg 15 volt bisa gak gan thanks buat jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok bro,cman biasanya akan dedikit drop voltasenya...sebenarnya inverter ini keliatan kuat atau ngaknya tergantung oleh trafonya semakin efisien trafo maka semakin baik inverternya...

      Delete
  17. Mas...saya mau bikin inverter menggunakan trafo 5A.....itu outputnya bisa berapa watt ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya,kalau mengunakan trafo yang 12 volt ct bisa 60 watt an dengan asumsi benar2 5 ampere,tapi kalau pakai trafo yang 32 volt ct atau berapapun yang diatas 12 volt maka,ngak akan samapi 60 watt an karena otomatis kawat sekunder trafo akan lebih kecil diameter dan kalau dipakai untuk inverter biasanya akan sedikit drop voltasenya....

      Delete
    2. mas, saya coba buat inverter dengan menggunakan, trafo st 1 amper, transistor TIp 41 2buah, dan resistor 330 ohm 2 buah, setelah saya rangkai, daya listriknya tidak keluar sama sekali, dan transistornya menjadi panas, apa kendalanya kira2 mas?? mohon pencerahannya.

      Delete
  18. buat ngecharge laptop bisa ga gan?

    ReplyDelete
  19. Lha itu kan inputnya pake adaptor lapie gan... ,:D

    ReplyDelete
  20. mas saya dh coba v nyala'y ngedip2 knpa ya pa da yg salah pa da yg kurang
    d bales yhh,, trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. lampunya kedip2 yak lampu apa yak neon apa bohlam,kalau neon mungkin tak sesuai dengan frekuensinya bisa ditambah kapasitor,jika masih kedap kedip coba ganti bohlam biasa jika masih kedap kedip ditambah/dikurangi nilai R 3K nya kanan kiri supaya pas outputnya tak berkedip lagi

      Delete
    2. Mas ozi emang puinterrr...thanks mas ozi

      Delete
  21. Maaf mas mau nanya, saya mau buat listrik dari dinamo dvd trus outputnya nanti saya maunya sekitar 450 watt, kira2 bisa kgk dan rangkaiannya gimana mas, makasih atas perhatian dan jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas,mungkin maksud anda supaya dinamo dvd keluar listriknya dengan daya 450 watt,,,saya kurang tau di dvd itu motor atau dinamo...jika pun bisa keluar listriknya keluarnya mungkin hanya sekitar 5 volt dan arusnya kecil,maka daya yang dibutuhkan tidak mungkin tercapai,jika ingin buat pakai kincir pakai dinamo yang berdaya besar maka outputnya pun juga berdaya besar...

      Delete
  22. ini bisa ga buat ngidupi komputer, cara pasang ke komputer gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya.bisa kalo travo,aki,inverternya pake daya besar,tinggal dicolok ke Outputnya lah mas..yang AC 220 volt.

      Delete
  23. mas agar hasilnya bagus watt nya lumayan besar trus tidak terlalu banyak transistor bagusnya pakai transistor jenis apa. tip,irf,jengkol,trus ukuran ya beapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas pakai aja transistor versi TIP 3055

      Delete
  24. Bisa ngk hasil output dari inverter nya di buat cas baterai nya itu sendiri... Jadi batre nya ngk habis2....???
    Bls ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak bisa,mas....
      Kalau bisa semua UPS ngak akan habis baterainya

      Delete
  25. Bisa ngk hasil output dari inverter nya di buat cas baterai nya itu sendiri... Jadi batre nya ngk habis2....???
    Bls ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak bisa,mas....
      Kalau bisa semua UPS ngak akan habis baterainya

      Delete
  26. Iya mas kira" bisa ga yah jadi dari 220vac output inverter di turunkan lagi menjadi 13,5v dc buat cas aki itu sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa mas....ngecas aki diturunin cma buang2 daya....ngak bisa balik lagi daya aslinya

      Delete
  27. Makasih gan ulasannya, aku pernah coba bikin inverter sederhana pake tr 2N3055, batre yg aku pake bekas dari mobil yg 70A. Awalnya aku coba dari trafo yg 1- 10A, dah bisa nyalain 3 x 24W phillips essential, pada saat lampu nyala sih aman" aja. Kurang lebih 6 jam menyala, terus aku tinggal keluar bentar, eh lampunya dah padam. Ternyata elco dah meletup( maaf skema agak beda dikit dgn agan punya) tapi ga pa" ya sharing aja.
    Menurut agan salahnya dimana, dari ukuran semula hanya 25v 26mf, karena penasaran sampai akhirnya aku ganti elco yg lebih besar (3× ganti) dgn ukuran yg berbeda, terakhir sampai yg 450v. Padahal voltase yg masuk di elco - 18 v.
    Mohon dibalas ya gan, berbagi ilmu kan beramal, makasih sebelumnya.
    Sory banyak nanya, soalnya pengen belajar juga hehehe....moga bermanfaat dan terus berkarya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak tau skema yang agan maksud...mungkin elko nya jadi beban ketika ada beban yang masuk,kalau kebalik polaritynya biasanya langsung meletus,ini hanya kemungkinan yak soalnya saya tak tahu pasti rangkaiannya ataupun bentuk ups nya....

      Saran aja gunakan supply tinggi misal 24 volt atau 36 volt untuk hasilkan daya yang besar agar tak banyak lose listriknya....

      Delete
  28. iya gan mau nanya lagi resistor 3k diparalel 3 kan jadi 1k, kenapa ga langsung pake ukuran 1k saja, kan lebih hemat. terus transistor tip 41 kali diganti yg 2n3055 bisa tidak, skemanya tetep sama ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu sisa aja sih 3 knya,pas 1k nya habis,pakai dibawah 1 k juga bisa ntar voltasenya output tambah naik....

      Delete
    2. Oh,ya bisa pakai itu tambah bagus,yang penting tr nya jenis NPN...

      Delete
  29. mas aku pingin buat dari motor bekas dvd jumlah 4 biji, masing2 biji keluar output 3 volt, jika diseri jadi 12 volt, itu sebagai input inverter, kira2 bisa ga menyalakan lampu 18 watt. makasih

    ReplyDelete
  30. Ngak bisa mas,saya rasa arus dvd itu ndak sampe 1 ampere mas..ya paling cuma kedip kedip....

    ReplyDelete
  31. Mas saya mau nanya
    Says ada trafo bekas ups tapi ga ada ct nya bisa ngga

    ReplyDelete
  32. Mas saya mau nanya
    Says ada trafo bekas ups tapi ga ada ct nya bisa ngga

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ambil output dari inverter tengah sama yang kiri atau kanan aja...salah satu.

      Delete
  33. Kalau pke trafo bukan ct. Apa bisa mas

    ReplyDelete
  34. bisa ambil setengahnya dari inverter...masuk ke trafo

    ReplyDelete
  35. Bisa mas kayak komentar saya yang atas

    ReplyDelete
  36. Mas kalau yg digunakan trafo 1 amper dan sumber energinya aki motor 3 amper daya yg di hasilkan berapa ya?
    Dan kalau resistornya hanya menggunakan 1Kohm masing2 1 resistor(tidak usah 3+3) bisa?
    Lalu seberapa efisiensi skema yg di buat ini?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kemampuan real travo jika benar bisa 1 ampere maka sekitar 12 watt an mas,resistor 1k satu ngak apa apa

      Delete
  37. Mas kalau yg digunakan trafo 1 amper dan sumber energinya aki motor 3 amper daya yg di hasilkan berapa ya?
    Dan kalau resistornya hanya menggunakan 1Kohm masing2 1 resistor(tidak usah 3+3) bisa?
    Lalu seberapa efisiensi skema yg di buat ini?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kemampuan real travo jika benar bisa 1 ampere maka sekitar 12 watt an mas,resistor 1k satu ngak apa apa

      Delete
  38. Mas kalau yg digunakan trafo 1 amper dan sumber energinya aki motor 3 amper daya yg di hasilkan berapa ya?
    Dan kalau resistornya hanya menggunakan 1Kohm masing2 1 resistor(tidak usah 3+3) bisa?
    Lalu seberapa efisiensi skema yg di buat ini?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kemampuan real travo jika benar bisa 1 ampere maka sekitar 12 watt an mas,resistor 1k satu ngak apa apa

      Delete
  39. mas haryo tomas, kalau mau pasang sepasang transistor pnp tip2955 dan npn tip3055 gamana caranya...?trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sama kayak skema diatas...cari tau dulu mana basis,collektor n emitornya

      Delete
  40. Kalo arus nya supaya sinus biar gak kotak-kotak gimana ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm...saya nyoba belum bisa...coba pakai aja kapasitor ac 400 volt diout nya trafo...

      Delete
  41. saya punya ups 1300 watt 24 v saya punya aki 12 v 100 A sebanyak 6 saya ingin ups bisa bertahan lama pemakaiannya klu lampu mati bgmn rangkaiannya baterainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di buat 2 seri 3 paralel dan akan menjadi 24 volt 300 ah...hati hati arus sangat besar jangan sampai konslet,karena bisa membakar kabel bahkan aki tersebut jika kabel kuat.

      Delete
  42. saya punya ups 1300 watt 24 v saya punya aki 12 v 100 A sebanyak 6 saya ingin ups bisa bertahan lama pemakaiannya klu lampu mati bgmn rangkaiannya baterainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibuat seri 2 buah jadi 24 volt dan 3 paralel jadi 300 Ah

      total 24 Volt 300 Ah... hati hati jangan sampai konslet

      Delete
  43. saya punya ups 1300 watt 24 v saya punya aki 12 v 100 A sebanyak 6 saya ingin ups bisa bertahan lama pemakaiannya klu lampu mati bgmn rangkaiannya baterainya

    ReplyDelete
  44. saya punya ups 1300 watt 24 v saya punya aki 12 v 100 A sebanyak 6 saya ingin ups bisa bertahan lama pemakaiannya klu lampu mati bgmn rangkaiannya baterainya

    ReplyDelete
  45. mas itu trafonya pake trafo step up atau step down ya???,,mohon balasanya

    ReplyDelete
  46. Saya bikin 2 rangkaian transistor Tip31c dan resistor 820 ohm 2 watt permasalahanya transistornya panas padahal sudah dipkaikan heatsink trafo pake 2 amp.
    Trims
    Sarannya:.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah mas transistor jaman sekarang....hehehehe..yang sabar.

      Delete
    2. Ya begitulah mas transistor jaman sekarang....hehehehe..yang sabar.

      Delete
  47. kalu saya pake aki 6v bisa gak?. tapi menggunakan output trafo 12v

    ReplyDelete
  48. dan kalau pake trafo yang biasa bagaimana cara merangkainya,,maaf kalo banyak tanya!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kanan kiri 12 volt sama tengah ct ntar keluar semua tegangan dari setiap pin yang 220 volt juga keluar...awas nyetrum 220 nya (haryo)

      Delete
  49. Mas haryo...klo travo nggak ada ct nya apa bisa dibuat infenter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalao out nya lebih dari 2 buah teteap bisa,tergantung berapa gulungan total yang membuat voltasenya nanti berbeda

      Delete
  50. Mas,, ini mau tanya, saya ada inverter 24 volt 1000 watt, itu membutuhkan aki berapa amper trs travonya juga butuh yg brp amper makasih

    ReplyDelete
  51. berapapun boleh asal aki masih kuat 10 Ah pun bisa sebenarnya tapi jika beban maksimal ngak nyampe 10 mnit udah habis itu,rekomendasi ya antara aki 12 volt 2 buah 32Ah-50Ah.

    ReplyDelete
  52. Saya punya travo ct 500 mAh apa bisa dibikin inverter untuk beban lampu 5W. Mohon saran dan bimbingannya. Trm kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa seharusnya....cma saran sih jika memang digunakan sehari hari...Anda bisa pakai usb lampu yang inputan usb 5volt,power Bank n charger,,,karena jauh lebih irit,mudah dan juga murah hehehehe...kecuali buat blajar ngak masalah.

      Delete
  53. Mas saya mau nanya, kalau saya pakai trafo bekas inverter 1000W bisa ga? Soalnya saya ga ngerti mana 12V dan grounya kebanyakan kabel di trafonya. Mohon dibalas trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya harus dilihat dulu mas trafo nya,sayabngak bisa kasih jawaban kalau blm lihat barangnya

      Delete
  54. Mas saya mau nanya, kalau saya pakai trafo bekas inverter 1000W bisa ga? Soalnya saya ga ngerti mana 12V dan grounya kebanyakan kabel di trafonya. Mohon dibalas trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, trafo nya saya tidak tau bentuknya seperti apa...

      Delete
  55. Gan mw nnyk ni , ni inverternya klo gk diparalel bs ngeluarin brp wat gan , trus klo mnghidupkan lampu yg 5-8 watt bs brtahan brp jam gan , kbetual trafo saya 1A dan akinya 3,5 ah , mohon pnjlasannya y gan , mkasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 ampere murni sekitar 10 Watt an,,,dan kalau maksimal sekitar 1-2 jam mungkin dah mulai redup

      Delete
  56. kenapa trafonya keluar suara ngerik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu efek frekuensi kurang tinggi,bisa ditambah kapasitor high' voltage di depan trafo...

      Delete
  57. Salam mas, mohon pencerahannya! Saya punya adftor printer outputnya 24 VOLT 1.2 A. Gmna cranya agar outputnya jadi 13,8 volt. TANKS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai skema LM 317 kemudian putar trimpot dan ukur out sampai angka 13,7 volt...

      http://tomasharyo.blogspot.co.id/2014/11/charger-aki-part-ii.html?m=1

      Delete
    2. Mas, kalau kita manfaatkan adaftor printer maksud saya, yg sy lihat di skema LM317 pakai trafo. Maaf maklum pemula

      Delete
    3. Bisa mas trafonya diganti dengan adaptor printer tsb....

      Delete
  58. pagi mas haryo mo tanya saya beli modul inferter 700 watt, trafo kotak 5 ampere dan saya pake aki mobil 60 ampere knapa dapat keluaran acnya cuma bisa nyalain lampu tl saja ya...mkasih ya mas haryo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trafonya harus yang engkel yang murni 5 ampere 12 volt ct bukan yang dipasaran 25 ct afau 32 ct, karena lilitannya bebeda...

      Delete
  59. Salam kenal gan....! inverter 750wat tr nya irf z44n apabila tr di ganti dgn tr jengkolan N2 3373 bisa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tak tahu apa bias nya di basis bisa mensupply transistor tersebut.... Coba saja gan

      Delete
  60. Mas lampu motor saya mudah putus kiprok sdah saya ganti" masih tetep putus juga klo saya tambah penahan transistor bisa apa engak???
    Ini pakek bohlam bukan LED

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penahan apa ya,,, takut salah paham resistor apa transistor? Coba anda cek pada output kiprok, sambil motor digas kenceng dan berapa voltase yang terukur? Harusnya ke lampu sekitar 14-15 volt,,, gunakan lampu yang mampu menahan voltase 15 an volt

      Delete
  61. Mas lampu motor saya mudah putus kiprok sdah saya ganti" masih tetep putus juga klo saya tambah penahan transistor bisa apa engak???
    Ini pakek bohlam bukan LED

    ReplyDelete
  62. mas kalau tanpa heatsink bisa gak??

    ReplyDelete
  63. Bisa mas.... Tapi gampang rusak

    ReplyDelete
  64. Mau nanya mas z punya tr 2sc2625 dan resistor 1k trafo ct 5a apa bisa yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja mas... Saya belum pernah coba... Dan tak bisa beri jawaban

      Delete
  65. Bang . mau tanya nih ? itu resistor 3K dirangkai pararel 3 buah , total hambatan jadi 1K dong.

    Mungkin tujuan di pararel biar beban kuat arusnya ikut naik ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pas ngak punya 1K saja, adanya 3K jadi saya paralel...

      Delete
  66. Mas mau tnya,ku dah pernah coba smua rangkaian tp kok gak nyala y.tip pake 41 tp cuma 1,aki motor trafo 2A.hidupnya cuma berkedip lalu mati,mohon dijelaskan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rangkaian sampeyan yang mana ya?yang pakai 1 transistor? Kalau pakai skema saya diatas inshaallah hidup.... Rangkaian saya pakai 2 transistor Tip31/41

      Delete
  67. Selamat malam mas ....saya buat inventer menggunakan travo Bel 5A dan tip tosiba 2 bh dan resistor 2k hasilnya tidak bisa ngangkat tv dan kipas. Bagaimana komponen apa yg harus di tambahin agar bisa tercapai. Mohon penjelasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. R nya diturunkaN jadi 1K dan trafonya yang engkel murni ct 12 volt bukan yang ct 24 atau 32

      Delete
  68. Mohon izin mas klo pake TIP TOSIBA BISA NGGA YA

    ReplyDelete
  69. Askum mas mau nanya saya pakai trafo bekas dvd cuman bingung nentuin out/input itu kan kabelnya banyak trus cara cek nya gimana gan?
    Maap newbi...
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai dvd ngak bisa kalau mau nerapin di skema ini...ini hanya untuk travo 50/60 hz bukan frekuensi tinggi...

      Delete
  70. Aku msh bingung, mengapa inverter ditambah trafo? Kalo inverter aja gimana?. Maaf, kurang paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trafo berguna untuk menaikkan listrik dari volt kecil ke besar....saya belum pernah ngerti inverter yang tanpa trafo...paling tidak lilitan lah

      Delete
  71. As.malam gan.aku punya trafo bkas vcd.rencana x mau buat inferter.pakai tr tip 41..ukuran resistor x brapa gan.sama ples trafo x yg mana.bingung x kabel x cmn 8 gan.ksi petunjuk dung gan.ksI sblm x.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai skema ini ngak bisa buat trafo dvd...kalau mau pakai dvd coba cari inverter high frekuensi di google

      Delete
  72. Master aku coba skemanya kenapa transistornya panas banget apa ada yg salah,trima kasih master

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terlalu besar arus nya,,, atau emang transistor nya abal abal...

      Delete
  73. sya mo pke travo 3 ampere trus uotputny 220volt bs ga mas.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saja gan saya belum pernah coba...teori nya harus nya bisa

      Delete
  74. bangg saya mau tanya.saya masih pelajar smp.saya pengen tuhh bikin inverter .dan saya pernah bikin inverter dari travo bekas lampu neon .tapi hanya kuat ngangkat 1 lampu LED 3watt.pernah saya kasih beban 2 lampu×3watt dan akhirnya kedap kedip. dan saya ingin ngakal nggabungin 2 travo lampu neon.supaya bisa ngangkat 2x3watt tadi .. apakah bisaa?? gmn rangkaianya ?? untuk gabungin 2 travo tersebutt°° mohonn..jawabanyaa terima kasihhh.. 《《
    sukses selalu yaaa bangg》》

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bikin aja 2 inverter dan 1 aki sebagai supply nya...

      Delete
  75. Saya pakai tip 41, trafo bekas charge HP, resistor 80 an, ..... Input kurang lbh 6 volt, dan out put sekitar 30 volt dan mampu menghidupkan led 7 watt dan terang, yg Sy bingung di lampu tertulis 220 v, 7 watt, knp bisa nyala?

    ReplyDelete
    Replies
    1. LED nya di desain jadi 220v, tentu bisa dinyalakan fengan inverter diatas

      Delete
  76. Itu judulnya 12 to 220 v, apa bener outputnya segitu?

    ReplyDelete
  77. Gan saya coba rakit inverter pake tip41c tapi kenapa resistor nya malah panas dan output nya gk keluar Sama sekali...tolong info nya gan

    ReplyDelete
  78. Gan saya coba rakit inverter pake tip41c tapi kenapa resistor nya malah panas dan output nya gk keluar Sama sekali...tolong info nya gan

    ReplyDelete
  79. Kalau pake resistor 3,3k bisa gak master

    ReplyDelete
  80. Mas nanya kalo resistor nya pakai ukuran 680 ohm bisa ?

    ReplyDelete
  81. Mas mau tanya saya udah buat inverter seperti gambar di atas ..cuma sya pake resistornya yg 1k di bikin seri..hasilnya kedip2 lampunya knapa ya ..trafo nya yg 5 amper pake aki motor...lampunya yg spiral 18 watt nyalanya kedip2

    ReplyDelete
    Replies
    1. diparalel saja,,, coba ganti r yang lebih kecil il ohm nya

      Delete
  82. Cara menaikan watt pada rangkaian di atas bagai mana mas...dan rangkaian di atas berapa watt keluaran nya..thanks info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambah irfz nya dan pakai trafo yanf ampere besar (kalau bisa engkel 12volt)

      Delete
  83. Maaf tax mas kalo di paralel itu bisa tambah juga wat outputx mas

    ReplyDelete
  84. Gan, untuk menghidupkan solder bisa tidak

    ReplyDelete
  85. Oh iya, gan itu kalau mau di pararel seperti apa ya gambarannya,kakinya kalau misalkan Basis ketemu basis semua ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya basis sama basis, kolektor dengan kolektor, emitor dengan emitor

      Delete
  86. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  87. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  88. saya nyoba berhasil tp r 330 kok panas banget,minta saranya

    ReplyDelete
  89. Mas mau tanya nih, kami mencoba pakai trafo bekas ups tapi outputnya 300volt lebih bagaimana cara biar stabil di 220 volt

    ReplyDelete
  90. Mas mau tanya nih, kami mencoba pakai trafo bekas ups tapi outputnya 300volt lebih bagaimana cara biar stabil di 220 volt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perbesar saja nilai R nya menjadi 1,7k atau 2K atau sekitarnya

      Delete
  91. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  92. ini beneran rangkaian inverter kan bukan joule thief, min? kalau JT emang bisa nyalain lampu AC, cuman redup ga bisa seterang saat colok PLN, ditambah TIP41 panas kalau pakai aki gede. Meski aman ga nyetrum tapi pengennya bisa seterang pake PLN.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  93. Bagus mantap,,hanya sedikit di warna skemanya..

    ReplyDelete