TDA 7295/7294

       

     
       Mungkin sebagian DIY Audio banyak mengetahui tentang IC ini,IC berkaki banyak dengan banyak unggulan diantaranya murah,hehehehhe yaitu TDA 7294 (100 watt ) atau juga seri yang sama TDA 7295 (80 watt),

        Ic ini biasanya digunakan sebagai penguat pada ampli menengah kebawah ,bahkan sebagian orang mengunakannya untuk home theater tentu dengan komponen pendukung yang mahal.

     


Dibawah ini saya berikan Layout nya yang diambil dari mbah google,dan udah saya ujiTDA ini mampu menghandle sampai 100 watt/4ohm dengan IC 7294

Dibawah ini Layout depan dan Layout belakang



Layout depan



Layout belakang



Komponen yang dibutuhkan :

- IC TDA 7294/7295 (Harga ditempat ane sekitar 16 rbu ampe 22 ribu)

- R30K (2 buah)
- R22K/R21K (2 buah)
- R1K (2 buah)
- R 1 ohm / 5 watt (1 buah) atau 2 ohm / 2 watt (diparalel 2 buah)
- Kapasitor MKM,MKP 2,2uf atau elco 4,7uf (jika tak ada,jangan gunakan mylar)
- Elco 47uf/50 volt (4 buah)
- Elco 220uf/50 volt (lebih besar lebih baik,saya gunakan 2200uf/35V, 2buah)
- Sirip pendingin (Contoh dibawah ini hargane kmaren ane beli 16 rbu)

                   NOTE :  J1,J2 dalam pcb adalah jumper

  Jadi tu harus dibor dulu pakai bor 3 inch



Ini adalah layout belakang (Maaf  layout e jelek,spidol e agak lesu Malah nyalahke spidol)



Ini pic gambar yang sudah jadinya
aku ngunain MKP nya yang 330nf diparalel ampe 5 biji jadi sekitar 1,65uf







Ini gw bikin lagi 2 buah kalau buat stereo



 Ne aku masukin pada kotak makanan hahahha
Cariin ibu itu box,ternyata buat kotak ampli,pakai crossover pasif buat misah frekwensi
PSU dibuat diluar kotak karena ndak muat n supaya hum berkurang jadi dipisah aja.





Dibawah ini adalah PSU dari bekas PSU komputer,mengunakan 5 Ampere dan 2 Ampere

                      
                 


Ini jadinya...


Dan ini amplinya hehehehe


Karakter dari TDA 7294 :

- Treble agak kasar
- Middle suara lantang
- Bass pendek tetapi kuat

Silahkan bertanya jika masih ada yang mau ditanyakan

Sekian postingannya,semoga bermanfaat silahkan share,koment maupun bertanya

SALAM SUKSES



44 comments:

  1. Maaf mas ini rangkain ampli, langsung di sambungkan dengan trafo ct atau di buatkan psu tersendiri.??

    ReplyDelete
  2. Itu saya pisah mas PSU sama Amplinya...untuk coba2 mas...

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Maaf mbak/mas ini saya copas dari google pcbnya...coba googling yak hehe

      Delete
  4. Replies
    1. Saya ngak ngitung cman ukurannya kecil kok,sekitar setengah tangan orang dewasa...

      Delete
  5. gan, bisa buatkan rangkaian ampli pakai daya 5-10 A
    dan bisa pakai speaker yg berapa inch. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau pakai sistrm apa OCL atau IC kalau pakai OCL daya nya lebih besar dari IC,Ic juga bisa daya besar dengan dibridge...trago 10 ampere 32 ct kah maksud anda...??

      Delete
  6. mas, apakah ampli ni bisa untuk sobwoofer..? klo bsa komponen apalagi yg ditambahkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas,anda hanya perlu menambahkan filter subwoofer saja diinputnya...kitnya bnyak yang jual.

      Delete
  7. mas..sya kesulitan cari TDA itu..bsa sya order? plis..speker sya rusak..:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Didaerah saya 15 ribu sampai dengan 25 ribu an,donisili dmana anda?

      Delete
  8. mas..sya kesulitan cari TDA itu..bsa sya order? plis..speker sya rusak..:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Didaerah saya 15 ribu sampai dengan 25 ribu an,donisili dmana anda?

      Delete
  9. Mau tanya, apakah anda tahu bedanya TDA7293 dan TDA7294, karena banyak PCB yang menggunakan TDA7293 paralel sampai 5 buah, saya baca di datasheet kok gak ngerti ya. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. TDA itu semua sama sistem kerjanya hanya dayanya yang beda...TDA 7294 nyaris sama juga dengan TDA 7295,pakai pcb diatas udah bisa kok.

      Delete
  10. Mas mau nanya,persamaan ic tda 7292 berapa ya,mohon bantuannya,trimakasih.

    ReplyDelete
  11. Saya tidak tau mas kalau pun ada yang sama stereonya kaki yang lain mungkin berbeda...

    ReplyDelete
  12. "Malam mas Haryo.Saya mau tanya,sekaligus mau uji coba.seandainya saya masukan input VCC+70V pada IC TDA7294,sehingga mampu mengaluarkan output 500watt dengan beban speaker 8 ohm.Apa yang harus saya lakukan..??Apa mungkin saya seri atau pararel atau btl atau ocl.mohon solusinya.. trim's.

    ReplyDelete
    Replies
    1. BTL aja tapi ngak bisa keluar 700 maksimal mungkin 150-200 Watt an...vcc maksimal 42 ct,,,itu pun rawan rusak.

      Delete
  13. Sya jg pakai tda 7295, lumayan buat laptop dan tv di rumah... Pakai 18 vct

    ReplyDelete
  14. Maaf mau tanya, apakah persamaan TDA7293?

    ReplyDelete
  15. om, kalau tda 7297 diganti ke 7294 nggak masalah ya, nggak ada yg perlu dirubahkan di boardnya. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak bisa mas soal nya pin out kakinya beda...

      Delete
  16. Untuk mono speker max berapa inc mas.. ditunggu jawabanya mas.. trimaksih...????

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat komponen yg lain apa tidak perlu diganti mas jika pake 7294/7295

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Saya ada tda 7394 rusak, apa sama dgn 7294? Trimakasih

    ReplyDelete
  19. Malam mas, itu kalo dikasih beban subwoofer Legacy 8 inch apa cukup kuat?
    Makasih

    ReplyDelete
  20. Mau nanya gan persamaan ic tda 7292

    ReplyDelete
  21. mas mau tanya ni aplifer pakai ic tda 7294 tidaj ada suaranya arus dc masi ok semua jadi apanya yang rusak

    ReplyDelete
  22. Klu ic tda 7295 rusak ciri2 gimana om,apakah ic tdk panas alias adem?,.

    ReplyDelete
  23. Persamaan TDA 7295 apa mas..🙏

    ReplyDelete
  24. Berapa vol bagusnya buat tda 2795

    ReplyDelete
  25. Mas mudah mudahan masih nyimpen tda 7295/atau 7294 nya ...jika ada hub bp di wa 085720813115

    ReplyDelete