Membuat Kunci Digital


   
  Pada kali ni saya akan memosting sebuah kunci
digital yang berguna untuk menambah keamanan sebuah
ruangan atau diaplikasikan dengan hal hal yang lain misal kunci motor,kunci elektrik,dsb.

Rangkaian ini mengunakan komponen utama IC CD 4017
sebagai pemrosesan input yang masuk,sedangkan relay dan solenoid sebagai mekanik mengunci atau menutup pintu

  Langsung saja saya kasih sebuah layout dan komponen,silahkan dipelajari dan dipraktekan







Komponen :

-CD 4017 (1 buah)
-IC 7805 (1 buah)
-R 100K (2 buah)
-R 10K (1 buah)
-Elco 100uf/25v (1 buah)
-IN 4148 (5 buah)
-IN 4001 ( 1 buah)
-Tr BC 557 (1 buah)
-Relay 12 volt (1 buah)
-Solenoid pintu 12 volt ( 1 buah)
-Sakelar Push On SMD (Tergantung kebutuhan)
-PCB bolong (1 buah)
-Trafo 15 volt CT/2 Amp (1 buah)
-Dioda  2 Amp (4 buah)





 Ini Layout Atas



 Ini Layout Bawah


Screenshoot






 Jadi kunci ini bekerja dengan mengkombinasikan urutan input pada ic CD 4017 
Digambar tertera huruf S1,S2,S3 dan S4 ini adalah urutan yang harus ditekan jika
ingin relay hidup
dan solenoid terbuka

Jadi jika rangkaian sudah dibuat anda tinggal mengkombinasikan masukan misal jika anda menghendaki kode dengan angka 2435 maka:

-Sakelar No 2 (S1 dengan In code)
-Sakelar No 4 (S2 dengan In code)
-Sakelar No 3 (S3 dengan In code)
-Sakelar No 5 (S4 dengan In code)


Dan angka yang lain disambungkan In code dengan +








Nah kalau ada yang melihat Kamar Kos ada ginian ya iku yang punya blog ini
HAHHHHHAHAAHAHAAAA...


100% working

SALAM SUKSES

^_^


30 comments:

  1. skemanya mn mas, bagi doooooonk, hehe

    ReplyDelete
  2. Hahahah,,ya ntar ntar tak pos in skema nya,diinternet bnyk ko mas...tulis aja kunci elEktronik CD 4017 ntar keluar,kok....

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Itu ada ditulisan yang + nya mas dekat 7805 itu voltase harus diatas 5v sampai 12 volt...ground(-) nya ada dikaki emitor transistornya...

      Delete
  4. Itu ada ditulisan yang + nya mas dekat 7805 itu voltase harus diatas 5v sampai 12 volt...ground(-) nya ada dikaki emitor transistornya...

    ReplyDelete
  5. maz jika kunci angka nya ada yg sama gimana.?

    trims

    ReplyDelete
  6. Saya belum pernah coba mas,,,soalnya saya sendiri tak tau ic tsb akan reset atau tidak kalau ketekan dua kali...silahkan dicoba,tapi alangkah baiknnya mengunakan kode yang berbeda saja supaya agak sulit ditebak...

    ReplyDelete
  7. Ass. Mas boleh minta e-mail aktif nya mas.?

    ReplyDelete
  8. Ground nya ga nyambung ya mas,, ga ada jalur buat ground nya

    ReplyDelete
  9. -Dioda 2 Amp (4 buah).NYA dipasang dimana mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Itu buat powerfull supply nya mas....Anda bikin aja dulu powerfull supply nya,,,digoogle banyak skema buat power supply trafo,disitu pasti ada dioda nya,,,ampeernya boleh 1ampere,2ampere,dsb...

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. okok iya mas, lah itu fungsi RESET pada skema fungsi buat gimana mas?? dan disambungkanya kemana??? maff banyak tanya :D

      Delete
  10. SELAMAT malam mas Haryo, gini mas, saya sudah mencoba membuat seperti rangkaian diatas, dan sudah saya cek berulang2 termasuk komponennya cuma power supplynya yang berbeda,saya menggunakan power supply DC langsung dgn input 12 V, dan sdh saya pstikan sesuai gbr diatas, tapi pada saat saya tekan in code + S1(relay belum nyala), trs saya lanjut menekan in code + S2 kok relay langsung nyala ya mas, trs saya reset(relay mati), trs saya acak lagi, tapi walaupun ditekan acak, tapi pas di incode + S2 kok relay langsung nyala ya mas?? salahnya dimana?? mohon bimbingan nya mas, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Socket dari IC CD 4017 ada yang kurang pas atau kurang kenceng,dulu saya juga gitu terus saya cek kaki komponen kembali normal...Dan cek juga kaki solderan di 1N4148 nya...

      Delete
  11. terus seandainya listriknya mati gimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya keok,kalau anda pakai baterai bisa kok buat bukak...

      Delete
  12. Aslm mas Haryo,,,ma'af saya mau tanya...reset nya berfungsi nggak mas??? fungsi nya untuk apa??dan kemana dihubungkan??trim's..

    ReplyDelete
  13. kami dowshardware menjual handle pintu digital murah berkualitas, bisa lihat dulu di website kami https://dowshardware.com/product-category/digital-door-lock-kunci-pintu-elektronik/

    terimakasih gan

    ReplyDelete
  14. kami dowshardware menjual handle pintu digital murah berkualitas, bisa lihat dulu di website kami https://dowshardware.com/product-category/digital-door-lock-kunci-pintu-elektronik/

    terimakasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan monggo diorder,,,, terima kasih berkunjung di blog saya

      Delete
  15. itu cara seting kuncinya gmn kak dan kira2 untuk beli bahanya dmn yaaa,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipahami dulu aja skema mya pelan pelan... bisa beli ditoko besi

      Delete
  16. Saklar smd nya buat apa ya mas?soalnya di situ gaada buat apa apa, udah ada keypadnya kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu keypadnya buat nutupin saklar aja kok biar keliatan rapi

      Delete